Analisa faktor budaya, kelas sosial dan kelompok referensi terhadap keputusan mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli telepon seluler merek nokia / Taufik Dian Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa faktor budaya, kelas sosial dan kelompok referensi terhadap keputusan mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli telepon seluler merek nokia / Taufik Dian Permana

Taufik Dian Permana (2008) Analisa faktor budaya, kelas sosial dan kelompok referensi terhadap keputusan mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli telepon seluler merek nokia / Taufik Dian Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku konsumen sangatlah komplek dan dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor lingkungan atau eksternal dan pribadi atau internal. Perkembangan jaringan atau perusahaan di pengaruhi oleh pemahaman perusahaan tentang perilaku konsumen. Semakin perusahaan memahami perilaku konsumen semakin tepat strategi yang digunakan untuk menarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor Budaya Kelas Sosial dan Kelompok Referensi Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2) Keputusan Pembelian Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang terhadap ponsel Nokia (3) Pengaruh Faktor Budaya Kelas Sosial dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli ponsel Nokia secara parsial (4) Pengaruh Faktor Budaya Kelas Sosial dan Kelompok Referensi secara simultan terhadap Keputusan Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli ponsel Nokia. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menggunakan ponsel Nokia dan diambil sembilan puluh lima orang responden sebagai sampel penelitian. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas Faktor Budaya (X1) Kelas Sosial (X2) Kelompok referensi (X3) dan variabel terikat (Y) adalah Keputusan Pembelian Produk. Data diperoleh dari responden dengan menggunakan alat bantu pengumpul data berupa angket tertutup. Setelah melalui proses pengolahan data dan analisis regresi berganda diperoleh temuan (1) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel Budaya Kelas Sosial dan Kelompok Referensi terhadap keputusan Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Unifersitas Negeri Malang dalam membeli ponsel Nokia. Adapun kontribusi besarnya pengaruh setiap Faktor Eksternal terhadap Keputusan Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli ponsel Nokia mulai dari Faktor Budaya dengan nilai B 0 288 dengan signifikan t 0 048 Kelas Sosial B 0 295 dengan signifikan t 0 049 Kelompok Referensi B 0 278 dengan signifikan t 0 030. (2) secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel Budaya Kelas Sosial dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli ponsel Nokia dengan Adjusted R square sebesar 0 142 Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif Faktor Budaya Kelas Sosial dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli ponsel Nokia secara simultan sebesar 14 2% dan sisanya 85 8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Dari penelitin ini pula diketahui signifikan F sebesar 0 001 artinya bahwa Faktor Budaya Kelas Sosial dan Kelompok Referensi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli ponsel Nokia karena signifikan F nya kurang dari 0 05. Berdasarkan kesimpulan peneliti memberikan saran untuk perusahaan agar pihak Nokia harus bisa mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja agar keputusan pembelian konsumen terus terjaga dan bahkan meningkat dengan selalu berinteraksi dengan pelanggan dan berusaha mendengarkan dan memenuhi harapan pelanggannya. Bagi peneliti selanjutnya agar menggunakan faktor lain yang bisa mendukung terjadinya keputusan pembelian konsumen contohnya yaitu faktor internal karena mengingat pengaruh dari faktor eksternal terhadap keputusan pembelian konsumen sangat kecil hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat Adjusted R square sebesar 0 142.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30179

Actions (login required)

View Item View Item