Pengembangan modul pembelajaran berbasis augmented reality technology untuk mata kuliah akuntansi keuangan menengah I / Andani Rachmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berbasis augmented reality technology untuk mata kuliah akuntansi keuangan menengah I / Andani Rachmania

Rachmania, Andani (2023) Pengembangan modul pembelajaran berbasis augmented reality technology untuk mata kuliah akuntansi keuangan menengah I / Andani Rachmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara. Salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas pendidikan ini yakni proses pembelajaran yang lemah. Salah satu sarana yang dapat digunakan guna mendukung suatu proses pembelajaran dapat berupa modul. Berdasarkan hal ini diperlukannya sebuah modul pembelajaran yang dapat mendukung peran guru guna meningkatkan kreativitas serta kemandirian siswa. Inovasi penggunaan modul ini dapat dilakukan dengan mengembangkan sebuah modul yang telah berintegrasi dengan teknologi salah satunya yakni Augmented Reality Technology. Model yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini yaitu model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian dan pengembangan ini dilakukan melalui observasi dan angket/kuisioner. Penilaian validasi modul dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ini dilakukan guna mengetahui kelayakan dari modul berbasis Augmented Reality yang telah dikembangkan. Penialian yang didapat dari ahli materi menunjukkan presentase kelayakan sebesar 70%. sehingga modul yang dikembangkan masuk ke dalam kategori " Layak " . Berdasarkan penilaian yang didapat dari ahli media presentase kelayakan modul diperoleh skor sebesar 88%. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan masuk ke dalam kategori " Sangat Layak " . Selanjutnya modul diuji coba kan ke 30 Mahasiswa Akuntansi angkatan 2022 di Universitas Negeri Malang. Tujuan dari uji coba ini adalah guna mengetahui kelayakan dan kemenarikan modul dari segi pengguna dan diperoleh skor presentase kelayakan sebesar 84 89%. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan masuk ke dalam kategori " Sangat Layak " dan menarik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:29
Last Modified: 03 Nov 2023 06:59
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300239

Actions (login required)

View Item View Item