Widad, Zumrotul Widad (2023) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan multiple intelligence dengan model problem based learning / ZUMROTUL WIDAD. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Zumrotul Widad Universitas Negeri Malang Zumrotul.widad.1804216 students.um.ac.id Sulikah Universitas Negeri Malang sulikah.fe um.ac.id ABSTRAK Tingkat kemampuan pemecahan masalah (KPM) siswa di Indonesia masih termasuk dalam golongan rendah hal ini didukung hasil The Programme For International Student Assessment (PISA) tahun 2018 yang membuktikan bahwa Indonesia berada pada peringkat 10 terbawah. Salah satu penyebabnya yaitu proses pembelajaran yang masih kurang terfokus untuk meningkatkan KPM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan KPM apabila siswa diberi pembelajaran menggunakan pendekatan multiple intelligence dibandingkan dengan pembelajaran dengan model PBL biasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dan menerapkan desain pretest posttest control group design. Hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa penerapan pendekatan multiple intelligence dengan model PBL mampu meningkatkan KPM siswa dibandingkan kelas yang menerapkan PBL saja. Siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan multiple intelligence dengan model PBL terbukti mampu untuk meningkatkan KPM siswa sehingga jawaban yang diberikan siswa lebih baik daripada jawaban dari siswa yang menerapkan PBL saja. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut sesuai dengan teori belajar konstruktivisme. Kata Kunci Kemampuan Pemecahan Masalah Pendekatan Multiple intelligence PBL.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/300238 |
Actions (login required)
View Item |