Hamdalla, Ilham Jaya Hamdalla (2023) Pengaruh learning behavior dan metacognitive skills terhadap academic achievement mahasiswa akuntansi / ILHAM JAYA HAMDALLA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini berangkat dari penurunan prestasi akademik (academic achievement) yang dialami mahasiswa di Universitas Negeri Malang pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I. Penurunan prestasi tersebut tercermin dalam indeks prestasi kumulatif (IPK) yang masih berada dalam rentang 2 00 - 3 00 sementara mahasiswa dengan IPK 3 75 - 4 00 jarang ditemui. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi pengaruh perilaku belajar (learning behavior) dan kemampuan metakognitif (metacognitive skills) terhadap prestasi akademik (academic achievement) mahasiswa akuntansi angkatan 2022 di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksplanatif. Variabel yang diteliti meliputi learning behavior (X1) metacognitive skills (X2) dan academic achievement (Y). Sampel penelitian terdiri dari 200 mahasiswa yang dipilih secara acak dari populasi mahasiswa jurusan Akuntansi yang berjumlah 399 mahasiswa. Temuan penelitian menunjukkan learning behavior memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap academic achievement mahasiswa. Sedangkan metacognitive skills juga menunjukkan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap academic achievement. Mahasiswa dengan perilaku belajar dan kemampuan metakognitif yang baik cenderung mencapai prestasi akademik yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/300227 |
Actions (login required)
View Item |