Ramadhani, Megarizki Ramadhani (2023) Self-efficacy akademik mahasiswa baru akuntansi berdasarkan gender dan latar belakang pendidikan / Megarizki Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan self-efficacy akademik berdasarkan gender dan latar belakang pendidikan mahasiswa baru akuntansi Universitas Negeri Malang beserta interaksinya. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode two-way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan self-efficacy akademik antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Mahasiswa laki-laki memiliki self-efficacy akademik yang lebih tinggi daripada perempuan. Selain itu terdapat perbedaan self-efficacy akademik antara mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMA dan SMK. Mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMK memiliki self-efficacy akademik yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA. Tidak terdapat interaksi antara gender dan latar belakang pendidikan terhadap self-efficacy akademik mahasiswa. Namun berdasarkan rata-rata estimasi mahasiswa laki-laki yang berlatar belakang pendidikan SMK memiliki self-efficacy akademik tertinggi dibandingkan dengan kelompok lainnya. Temuan ini dapat digunakan dosen untuk memotivasi dan memberikan dukungan untuk meningkatkan self-efficacy akademik kelompok mahasiswa dengan self-efficacy akademik rendah. Para pendidik dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung yang memberi seluruh mahasiswa kesempatan untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur dengan memberikan informasi terkait faktor yang mempengaruhi self-efficacy akademik serta interaksi faktornya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/300220 |
Actions (login required)
View Item |