Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R : studi pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor / oleh Melati Aprilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R : studi pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor / oleh Melati Aprilia

Melati Aprilia (2009) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R : studi pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor / oleh Melati Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan yang terjadi di dunia bisnis sudah sangat kompetitif dan ketat dimana hal ini menyebabkan tiap-tiap perusahaan harus terus bersaing agar tetap dapat bertahan di dunia bisnisnya. Persaingan yang terjadi tidak hanya dengan usaha-usaha yang sejenis namun juga dengan usaha-usaha yang berpotensi untuk memproduksi barang pengganti. Peningkatan kualitas produk sangat penting karena persaingan yang ketat membuat konsumen dihadapkan pada berbagai pilihan barang maupun jasa yang disediakan oleh perusahaan. Perusahaan tidak cukup hanya dengan memproduksi barang/jasa yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen namun hal penting yang juga harus dilaksanakan perusahaan adalah bagaimana mengkonsumsikan barang/jasa tersebut agar diketahui oleh masyarakat tentang keberadaannya. Cara yang ditempuh perusahaan untuk mengkonsumsikan barang/jasa adalah melalui promosi. Keberhasilan promosi yang dilakukan bergantung bagaimana produsen mengemasnya sehingga informasi yang disampaikan oleh perusahaan tentang barang/jasa yang ditawarkan dapat diterima konsumen dengan baik dan diharapkan nantinya konsumen akan melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini diadakan adalah menunjukkan sejauh mana bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang membeli sepeda motor Honda SupraX 125R pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor pada bulan Januari 2006 sampai dengan September 2006 yang berjumlah 317 orang. Selanjutnya dengan menggunakan rumus Slovin dihasilkan sampel berjumlah 76 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Bauran promosi sebagai variabel bebas mempunyai sub variabel periklanan (X1) promosi penjulan (X2) dan hubungan masyarakat (X3). Keputusan pembelian sebagai variabel terikat (Y) yang dilihat pengaruhnya dalam taraf signifikan 0 05. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 11.00 for Windows. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Deskripsi hasil pengukuran bauran promosi dan keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor secara keseluruhan rata-rata responden memberikan penilain baik terhadap bauran promosi dan keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran promosi yang terdiri dari periklanan promosi penjualan dan hubungan masyarakat terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor baik secara parsial maupun simultan. Secara parsial periklanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor dengan nilai t sebesar 4 581 dan tingkat signifikan 0 000. Promosi penjualan juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor dengan nilai t sebesar 4 298 dan tingkat signifikan 0 000. Begitu juga dengan hubungan masyarakat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor dengan nilai t sebesar 3 806 dan tingkat signifikan 0 000 (3) dari ketiga bauran promosi yang terdiri dari periklanan promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang mempunyai pengaruh paling dominan dalam keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R adalah periklanan. Hal ini dapat diketahui dengan melihat nilai t terbesar dan pemberian sumbangan efektif terbesar. Perikanan mempunyai nilai t tersesar sebesar 4 581 dan sumbangan efektif terbesar sebesar 25%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan dalam pemelitian ini yaitu ada pengaruh positif yang signifikan antara bauran promosi (periklanan promosi penjualan dan hubungan masyarakat) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda SupraX 125R pada Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor secara parsial maupun simultan telah terbukti. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Promosi melalui periklanan sebaiknya dipertahankan atau lebih baik ditingkatkan karena dari hasil penelitian dapat terbukti bahwa periklanan mampu memberikan kontribusi terbaik dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Honda SupraX 125R yaitu dengan cara poster dan spanduk dibuat semenarik mungkin seperti warna lebih dipertajam lagi pemasangan poster dan spanduk tidak hanya dipasang di dealer saja melainkan juga dipasang di jalan (2) diharapkan pada waktu yang akan datang perusahaan sering menjadi sponsorship pada acara yang lain tidak hanya pada acara Kalong Club Patria karena dengan menjadi sponsorship pengunjung atau tamu yang hadir pada acara tersebut secara tidak langsung akan mendapatkan informasi tentang produk-produk yang tersedia di Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor (3) pelaksanaan program-program yang dapat menunjang peningkatan kualitas layanan pada saat sebelum pembelian sampai pelayanan purna jual seperti pemberian bensin gratis berapa kali saat pelanggan melakukan servis pada masa garansi sehingga tercapai customer satisfaction akan sangat membantu perusahaan dalam promosi karena pelanggan yang puas akan menjadi media promosi yang efektif yaitu melalui promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) (4) Dealer PT. Blitar Tata Indah Motor hendaknya juga melakukan pemasaran langsung dan penjualan personal agar jumlah penjualan lebih meningkat karena selama ini dealer hanya melakukan bauran promosi melalui periklanan promosi penjualan dan hubungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30001

Actions (login required)

View Item View Item