Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (pbl) pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas x sman 1 garum / Deiva Ayu Puspitaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (pbl) pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas x sman 1 garum / Deiva Ayu Puspitaningrum

Puspitaningrum, Deiva Ayu Puspitaningrum (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (pbl) pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas x sman 1 garum / Deiva Ayu Puspitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dan kreatif merupakan keterampilan abad XXI yang melatih high order thinking skills. Berdasarkan wawancara dengan guru analisis rencana pelaksanaan pembelajaran dan analisis angket siswa diketahui bahwa pembelajaran tidak menggunakan model pembelajaran yang spesifik dan belum melatihkan keterampilan abad XXI. Akibatnya pembelajaran tidak kontekstual pada kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X SMAN 1 Garum yang telah tervalidasi logis dan praktis. Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE tetapi tidak melalui tahapan implement. Uji coba dilakukan untuk mengukur validitas dan kepraktisan produk. Hasil uji kevalidan perangkat silabus sebesar 98 43% RPP sebesar 96 64% instrumen penilaian kognitif (soal pilihan ganda dan uraian) sebesar 92 56% 93 65% UKBM sebesar 92 91% panduan observasi sebesar 95 42% dan gambaran lokasi sebesar 97 5% dengan keseluruhan memiliki kriteria sangat valid. Data rerata skor angket respon melalui ketiga uji coba yaitu one to one trial small trial dan field trial secara runtut sebesar 85 27% 86 63% dan 88 40% dengan keseluruhan memiliki kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/299181

Actions (login required)

View Item View Item