Pengembangan e-module ekosistem berbasis masalah sosiosaintifik berbantuan quick response code (qr code) untuk meningkatkan literasi saintifik siswa Kelas x SMAN 1 Kepajen / Chyntia Eki Deamita</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module ekosistem berbasis masalah sosiosaintifik berbantuan quick response code (qr code) untuk meningkatkan literasi saintifik siswa Kelas x SMAN 1 Kepajen / Chyntia Eki Deamita</p>

Deamita, Chyntia Eki (2023) Pengembangan e-module ekosistem berbasis masalah sosiosaintifik berbantuan quick response code (qr code) untuk meningkatkan literasi saintifik siswa Kelas x SMAN 1 Kepajen / Chyntia Eki Deamita</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan sains abad XXI bertujuan untuk membentuk individu yang kaya akan keterampilan hidup salah satunya literasi saintifik. Melalui penguasaan literasi saintifik diharapkan siswa dapat berpartisipasi dalam pemecahan masalah nyata melalui pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasarkan pada pendekatan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan electronic module (e-module) berbasis masalah sosiosaintifik berbantuan Quick Response Code (QR Code) pada materi Ekosistem yang teruji kevalidan kepraktisan dan keefektifannya guna meningkatkan literasi saintifik siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas beberapa tahap yaitu analyze design develop implement dan evaluate. Hasil uji validitas yang diperoleh melalui validasi ahli perangkat pembelajaran materi asesmen bahan ajar dan guru secara berurutan yaitu 98 75% 100% 100% 99 5% dan 95% yang secara keseluruhan tergolong dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan menunjukkan rata-rata sebesar 93% yang tergolong dalam kategori sangat praktis. Data efektivitas e-module yang diperoleh dari tahap implementasi menunjukkan N-Gain sebesar 0 66 yang mengindikasikan bahwa e-module memiliki tingkat efektivitas sedang untuk meningkatkan literasi saintifik siswa. Penggunaan e-module mampu meningkatkan literasi saintifik siswa dengan skor rerata sebesar 85% yang termasuk kategori tinggi. Hasil observasi keterlaksanaan model Pembelajaran Berbasis Masalah Sosiosaintifik (PBMS) menunjukkan rerata skor sebesar 98% yang termasuk kategori terlaksana dengan sangat baik. Berdasarkan data penelitian maka E-Module Ekosistem berbasis Masalah Sosiosaintifik berbantuan QR Code tergolong valid praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi saintifik siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/299037

Actions (login required)

View Item View Item