Rafidah, Farah Rafidah (2023) Pengembangan e-modul berbasis pjbl-steam disertai media simulasi virtual pada materi usaha dan energi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Farah Rafidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Usaha dan energi termasuk materi pelajaran terpenting dalam fisika. Namun terdapat permasalahan yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi masih rendah. Sementara itu penggunaan e-modul berbasis PjBL-STEAM disertai media simulasi virtual pada materi usaha dan energi masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan e-modul berbasis PjBL-STEAM disertai media simulasi virtual pada materi usaha dan energi sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini berjenis Research and Development menggunakan model 4D dengan tahapan yaitu (1) define (pendefinisian) (2) design (perancangan) (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket pada saat uji validasi dan kepraktisan. Penelitian ini menghasilkan data kuantitatif yang diperoleh dari skor hasil uji validasi dan kepraktisan serta data kualitatif yang diperoleh dari komentar tertulis terhadap produk e-modul. Uji validasi dilakukan oleh dosen fisika dari Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli serta guru fisika dari SMA Negeri 1 Lawang SMA Negeri 1 Kota Bima dan SMA Negeri 3 Kota Bima sebagai validator praktisi. Berdasarkan hasil uji validasi produk pengembangan e-modul tergolong sangat valid dengan persentase skor rata-rata produk e-modul dari segi media sebesar 91 6% e-modul dari segi materi sebesar 89 3% dan produk RPP sebesar 88 0%. Uji kepraktisan e-modul dilakukan oleh 29 peserta didik SMA Negeri 1 Lawang dan diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 84 6% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PjBL-STEAM disertai media simulasi virtual pada materi usaha dan energi ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika sehingga dapat dijadikan solusi dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |