Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pjbl-stem pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan literasi sains / Dwisri Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pjbl-stem pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan literasi sains / Dwisri Kusuma Wardani

Wardani, Dwisri Kusuma Wardani (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pjbl-stem pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan literasi sains / Dwisri Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada abad 21 ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang semakin pesat. Sehingga penting bagi setiap individu untuk memiliki keterampilan literasi sains. Namun pada kenyataannya literasi sains di indonesia masih masuk ke dalam kategori rendah. Pengembangan dan implementasi perangkat pembelajaran PjBL-STEM untuk meningkatkan literasi sains masih kurang di eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis PjBL-STEM pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari yang 80%-90% persen peserta didiknya merupakan santri dari pondok pesantren sekitar. Perangkat ini dilengkapi dengan penilaian proyek terstruktur dimulai dari perencanaan hingga pengujian proyek. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R amp D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze Design Develop Implement dan Evaluate). Sebelum perangkat diimplementasikan dilakukan uji empiris terlebih dahulu yang dilakukan di tiga sekolah di Kota Malang yaitu MAN 2 Kota Malang SMAN 7 Malang dan SMA Panjura Malang. Setelah itu perangkat pembelajaran diimplementasikan ke 40 peserta didik kelas X MIPA 2 MA Almaarif Singosari. Hasil validasi RPP LKPD dan soal evaluasi diperoleh rata-rata sebesar 3 65 3 55 dan 3 73 yang berada dalam kategori sangat valid. Hasil observasi dan respon peserta didik didapatkan rata-rata sebesar 88 5% dan 85 4% yang berada dalam kategori sangat praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil pretest-posttest peserta didik. Melalui uji normalitas didapatkan signifikansi 0 200 sehingga data dapat dikatakan normal. Kemudian berdasarkan hasil uji t didapatkan nilai signifikansi 0 000 dan lebih besar dari 1 967 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil posttest indikator menjelaskan fenomena ilmiah mendapat skor terendah sedangkan indikator menggunakan data dan bukti ilmiah mendapatkan indikator tertinggi. Sub-materi momentum dan impuls mendapatkan skor tertinggi dan sub-materi tumbukan mendapatkan skor terendah. Selanjutnya peneliti yang ingin meneliti dengan topik yang sama direkomendasikan untuk menggunakan kelas kontrol sebagai pembanding

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298510

Actions (login required)

View Item View Item