Adistya, Imira Ula Chomsa Adistya (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis flipbook pada materi perbandingan siswa kelas vii smp / IMIRA ULA CHOMSA ADISTYA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran flipbook dalam motivasi belajar siswa pada materi perbandingan siswa kelas VII SMP. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan menerapkan metode ADDIE yang meliputi tahap-tahap Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi Lembar Validasi Media Pembelajaran Lembar Validasi Angket Respon Siswa Lembar Validasi Angket Motivasi Siswa Angket Respon Siswa dan Angket Motivasi Siswa. Hasil validasi oleh validator ahli menujukkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai sebesar 98%. Selain itu angket respon siswa dan angket motivasi siswa juga memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 97 7%. Dalam hal kepraktisan media pembelajaran berbasis flipbook mendapatkan nilai 94 7% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan untuk keefektifan media ini mendapatkan nilai 95 3% dan memenuhi kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran berbasis flipbook dinilai valid praktis dan efektif untuk motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika terutama pada materi perbandingan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 08:53 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298277 |
Actions (login required)
View Item |