Karakteristik teks cerita pendek karya siswa smp negeri 02 batu / Frida Septy Haptanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik teks cerita pendek karya siswa smp negeri 02 batu / Frida Septy Haptanti

Haptanti, Frida Septy Haptanti (2023) Karakteristik teks cerita pendek karya siswa smp negeri 02 batu / Frida Septy Haptanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sastra di sekolah pada umumnya bertujuan mengembangkannilai-nilai moral/pribadi budaya sosial dan estetika siswa. Kegiatan menulis karyasastra yang dilakukan oleh siswa ini bertujuan agar siswa dapat mengekspresikanide atau imajinasinya yang dapat dituangkan melalui sebuah prosa. Siswa tidakhanya bisa belajar menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas namunjuga bisa belajar di luar pembelajaran di kelas dengan mudah. Kegiatan menulisteks cerpen yang dilakukan oleh kelompok siswa dan guru Bahasa Indonesia initentunya sangat memberikan dampak yang positif kepada siswa. Guru BahasaIndonesia dan beberapa siswa di SMPN 02 Batu masuk dalam ekstrakulikuler ataukelompok menulis bernama PECINTA SASTRA SMPN 02 BATU. Kelompok inimerupakan kelompok belajar siswa dan siswi yang lebih berminat dan menggemaribidang sastra daripada siswa lain dalam proses menghasilkan karya sastra tentunyasiswa selalu diberi arahan dan didampingi oleh guru.Penelitian ini menganalisis dalam segi perkembangan siswa pada usiaSekolah Menengah Pertama (SMP). Peneliti ingin mengetahui bagaimanakarakteristik penulisan tema pola struktur dan gaya bahasa dalam teks cerpenkarya siswa yang tergabung dalam sebuah kelompok menulis atau pecinta sastra.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang diungkapkan dalambentuk kalimat serta uraian-uraian dan data yang diperoleh sifatnya fakta yangterdapat dalam karya siswa yang akan diteliti. Data dalam penelitian ini adalah datadeskriptif kualitatif yang diperoleh dari 21 cerpen karya siswa dalam buku berjudulKumpulan Cerpen ldquo Bersama Berkarya Berasa Remaja rdquo yang diterbitkan pada tahun2019.Hasil dari penelitian ini ditemukan fakta bahwa dalam pemilihan tema siswa lebih banyak menggunakan tema perjuangan hidup karena pada usia inisiswa memiliki kecenderungan mengembangkan standard dan harapan terhadapperilaku diri sendiri yang sesuai dengan dunia sosial siswa memilikivikecenderungan minat dan pilihan karier relatif sudah lebih jelas serta siswamemiliki kecenderungan senang membandingkan kaedah-kaedah nilai-nilai etikaatau norma dengan kenyataan yang terjadi dalam kehidupan orang dewasa.Selanjutnya dalam penulisan pola struktur siswa lebih banyak menggunakan polastruktur berjumlah empat yaitu pemaparan-konflik-klimaks-resolusi. Selain temadan pola struktur juga ditemukan penggunaan gaya bahasa siswa paling banyakmenggunakan gaya bahasa deskriptif karena sesuai dengan tujuan siswa sebagaipenulis teks untuk menggambarkan dengan detail mengenai peristiwa tokoh danlatar dalam cerita

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296292

Actions (login required)

View Item View Item