Trasnatiarine, Siti Nadila (2023) Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita Kelas 2 SLBN pembina tingkat nasional bagian C Malang melalui pemanfaatan bunyi suku kata berbantuan media diorama 3 dimensi. / Siti Nadila Trasnatiarine</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan membaca pada anak tunagrahita tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena dalam praktiknya melibatkan proses kognitif yang meliputi kemampuan mengingat berpikir dan menalar yang masih kurang. Salah satu metode membaca permulaan yang tepat untuk di aplikasikan ke anak tunagrahita adalah dengan menggunakan metode bunyi suku kata. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran diorama 3 dimensi agar dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan efesiensi belajar karena mempunyai potensi untuk merangsang terjadinya proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita pada kondisi baseline-1 (A1) (2) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita pada kondisi intervensi (B) (3) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita pada kondisi baseline-2 (A2). (4) mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan bunyi suku kata berbantuan media diorama 3D terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas 2 SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan membaca permulaan yang terdiri dari 3 jenis tes dan penilaian yaitu tes tulis tes lisan dan tes keterampilan. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan tunagrahita pada kondisi baseline-1 cendrung rendah dengan nilai rata ndash rata 67 08%. Sementara itu pada kondisi intervensi kemampuan membaca permulaan tunagrahita meningkat menjadi 86 4%. Dan pada kondisi baseline-2 kemampuan membaca permulaan tunagrahita cendrung tinggi dengan nilai rata ndash rata 92 08%. Presentase overlap pada penelitian ini menujukkan hasil 0% dan dapat disimpulkan bahwa intervensi dengan pemanfaatan bunyi suku kata berbantuan media diorama 3 dimensi memiliki pengaruh yang baik sehinggga dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/296103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |