Salsabila, Felia (2023) Pengembangan patterned story book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa disleksia melalui peer assisted learning strategies (PALS) di SDN 1 Dengkol / Felia Salsabila</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Salsabila Felia. 2023. Pengembangan Patterned Story Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Disleksia melalui Peer Assisted Learning Stategies (PALS)di SDN 1 Dengkol. Skripsi Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ranti Novianti M.Pd. (II)Dimas Arif Dewantoro M.Pd. Kata Kunci Patterned Story Book Membaca Permulaan Disleksia PALS. Disleksia merupakan kondisi dimana seseorang mengalami hambatan ataupun kesulitan dalam membaca yang ditandai dengan kesulitan dalam memahami kata ataupun kalimat baik dalam menulis membaca dan mengeja. Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 1 Dengkol siswa menunjukkan hambatan dalam membaca permulaan dan di sekolah tersebut belum terdapat media untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dilihat dari karakteristik siswa disleksia maka dibuat media yang sesuai dengan karakteristik siswa. Dalam penelitian ini mengembangkan media patterned story book yang dapat membantu meningkatkan kemampuan mebaca permulaan siswa disleksia dengan peer assisted learning strategies. Peer assisted learning strategies merupakan strategies yang dilakukan dengan bantuan teman sebaya dimana siswa bekerjasama untuk saling membantu dan memahami pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan sebuah buku cerita berpola yang berjudul ldquo patterned story book rdquo . Pengembangan media patterned story book digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa disleksia melalui peer assisted learning strategies. Patterned story book digunakan bagi siswa disleksia untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan siswa di SDN 1 Dengkol. Media ini dirancang dengan menggunakan gambar dan warna yang dapat menarik minat membaca siswa. Dengan adanya gambar dan warna siswa dapat melukiskan situasi nyata cerita yang ada didalamnya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Emzir tahapan pengembangan terdiri dari 1) Penelitian dan pengumpulan data 2) Perencanaan media 3) Pengembangan produk 4)Validasi prodok dan 5) Revisi media.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan angket. Analisis data menggunakan analisis validasi dari ahli materi media dan praktisi serta menggunakan teknik perhitungan N-Gain yang dilakukan untuk menghitung hasil pretest dan posttest siswa. Media patterned story book dirancang untuk siswa disleksia dengan menggunakan pola kata yang dibuat secara berurutan dari yang sederhana ke yang lebih rumit diawali dengan proses membaca menggunakan metode fonik. Diawal cerita terdapat suku kata yang digunakan siswa untuk mempelajari kata-kata yang ada di dalam cerita. Media ini berbentuk media visual dengan menggunakan gambar berwarna yang menceritakan secara nyata dari kisah/cerita yang dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media patterned story book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa disleksia dengan peer assisted learning strategies sangat valid untuk digunakan. Hasil validasi keseluruhan diperoleh nilai 95% yang menunjukkan media sangat layak untuk digunakan. Hal tersebut menunjukkan bahwa media patterned story book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa disleksia dengan peer assisted learning strategies dianggap layak digunakan dan efektif untuk digunakan oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/296101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |