Pengaruh penggunaan media kotak pintar terhadap peningkatan kemampuan daya ingat anak autis di SLB Autis Laboratorium UM / Nurul Hidayati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media kotak pintar terhadap peningkatan kemampuan daya ingat anak autis di SLB Autis Laboratorium UM / Nurul Hidayati</p>

Hidayati, Nurul (2023) Pengaruh penggunaan media kotak pintar terhadap peningkatan kemampuan daya ingat anak autis di SLB Autis Laboratorium UM / Nurul Hidayati</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan daya ingat merupakan kemampuan untuk mengingat kembali sesuatu yang sudah diketahui sebelumnya dapat berupa informasi atau peristiwa. Pada penelitian ini peneliti memilih media kotak pintar dalam meningkatkan kemampuan daya ingat anak autis mengenai bentuk dan warna. Penggunaan media ini memudahkan guru dan anak autis untuk memahami materi yang diberikan dan melalui media tersebut anak mampu belajar dengan bermain sehingga pembelajaran yang telah diajarkan akan lebih melekat pada ingatan anak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan tingkat kemampuan daya ingat anak autis dengan intervensi dibandingkan tanpa intervensi media kotak pintar dan 2) mengetahui pengaruh penggunaan media kotak pintar terhadap peningkatan kemampuan daya ingat anak autis di SLB Autis Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain Single Subject Research (SSR) atau subjek tunggal dengan model A-B-A. Desain A-B-A memperlihatkan terdapat hubungan sebab akibat antara variabel terikat dan variabel bebas. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media kotak pintar sedangkan variabel terikat adalah kemampuan daya ingat anak autis di SLB Autis Laboratorium UM. Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya pengaruh positif media kotak pintar terhadap peningkatan kemampuan daya ingat anak autis di SLB Autis Laboratorium UM dengan presentase overlap sebesar 0%. Mean level pada kondisi baseline-1 (A1) sebesar 55 4 kondisi intervensi (B) sebesar 94 83 kondisi baseline-2 (A2) sebesar 95 6. Hasil dari mean level yang diperoleh mempengaruhi kecenderungan arah dan jejak data yang meningkat dan memiliki pangaruh positif ( ). Saran untuk guru yaitu diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki anak autis dengan optimal. Pengoptimalan dapat dilakukan dengan memberikan fasilitas pembelajaran dengan media yang menarik. Guru dapat menggunakan media kotak pintar dalam pembelajaran mengingat bentuk dan warna. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat mengembangkan penggunaan media kotak pintar pada subjek dengan karakteristik yang berbeda dengan target behavior yang berbeda sehingga dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296093

Actions (login required)

View Item View Item