Prilangsari, Candrike Nurlaili (2023) Pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan media sempoa terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bilangan asli bagi siswa tunanetra di SLB Abd Negeri Kedungkandang / Candrike Nurlaili Prilangsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tunanetra merupakan anak yang mengalami hambatan pada fungsi penglihatanya sehingga mengakibatkan anak terhambat untuk mendapatkan informasi terutama dalam mata pelajaran matematika. Siswa tunanetra mengalami kesulitan dalam menyelesaikan bagian konsep operasi hitung menggunakan lembar kertas yang selama ini digunakan pada pembelajaran matematika dalam menyelesaikan operasi hitung. Model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran langsung (Direct Instruction) berbantuan media sempoa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan penjumlahan bilangan asli pada siswa tunanetra kelas VII di SLB ABD Negeri Kedungkandang sebelum diberikan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) berbantuan media sempoa. (2) mendeskripsikan kemampuan penjumlahan bilangan asli pada siswa tunanetra kelas VII di SLB ABD Negeri Kedungkandang setelah diberikan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) berbantuan media sempoa. (3) Menganalisis pengaruh model pembelajaran langsung (Direct Instruction) berbantuan media sempoa terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bilangan asli pada siswa tunanetra kelas VII di SLB ABD Negeri Kedungkandang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain time series design without control. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa tunanetra kelas VII SLB ABD Negeri Kedungkandang yang berjumlah 4 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata yang diperoleh pada pre-test sebesar 65 dan nilai rata-rata yang diperoleh setelah diberikan perlakuan (treatment) meningkat sebesar 92 5. Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran langsung (Direct Instruction) berbantuan sempoa terhadap kemampuan siswa dalam berhitung penjumlahan bilangan asli. Adapun saran yang diberikan bagi guru dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) berbantuan media sempoa sebagai alternatif dalam proses kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:25 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |