Pelaksanaan program magang siswa berkebutuhan khusus di slb abd negeri kedungkandang / LIA TRI AYUNINGTYAS - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program magang siswa berkebutuhan khusus di slb abd negeri kedungkandang / LIA TRI AYUNINGTYAS

Ayuningtyas, Lia Tri Ayuningtyas (2023) Pelaksanaan program magang siswa berkebutuhan khusus di slb abd negeri kedungkandang / LIA TRI AYUNINGTYAS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama menempuh pendidikan di sekolah secara bertahap siswa mengalami transisi dari anak-anak ke menjelang kedewasaan yang mandiri. Sekolah dapat membangun rekanan dengan dunia usaha dan dunia industri dalam usahanya untuk membangun kompetensi siswa dalam dunia kerja salah satunya melalui pelaksanaan program magang siswa. Program magang memberikan siswa pengalaman langsung dan pengembangan kompetensi pribadi dan profesional yang sangat penting untuk transisi ke dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program magang siswa berkebutuhan khusus di SLB ABD Negeri Kedungkandang yang meliputi tahap perencanaan program pelaksanaan program dan evaluasi program. Perencanaan meliputi latar belakang dan langkah-langkah perencanaan program. Pelaksanaan meliputi peran dan keterlibatan pihak-pihak dalam pelaksanaan dan proses pelaksanaan magang. Evaluasi meliputi pelaksanaan evaluasi dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan magang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Proses analisis data penelitian ini terdiri dari tiga alur kegiatan yang terlaksana secara bersamaan yaitu kegiatan reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mendapatkan bekal pembelajaran keterampilan pilihan di sekolah sebelum mengikuti program magang. Tahap perencanaan dimulai dengan perumusan dan perencanaan program yang meliputi kegiatan meninjau kemampuan sekolah kemampuan dan karakteristik siswa pemetaan dunia usaha dan dunia industri dan menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri. Pelaksanaan kegiatan magang terbagi menjadi dua kelompok yaitu magang di luar sekolah dan magang di sekolah. Evaluasi program magang dilakukan dengan monitoring program dan monitoring siswa serta dilakukan evaluasi kegiatan secara keseluruhan setelah program berakhir. Tantangan yang ditemukan selama pelaksanaan program magang siswa berkebutuhan khusus meliputi keterbatasan sekolah keterbatasan siswa dan keterbatasan dunia usaha dan dunia industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295854

Actions (login required)

View Item View Item