Luthfiyyah, Hazimatu Dzakiya Luthfiyyah (2023) Peningkatan kemampuan bina diri menggosok gigi melalui metode drill and practice berbantuan buku bergambar pada anak tunagrahita kelas iv di slb bc dharma wanita 01 pakisaji kabupaten malang / HAZIMATU DZAKIYA LUTHFIYYAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Luthfiyyah Hazimatu Dzakiya. 2023. Peningkatan Kemampuan Bina Diri Menggosok Gigi Melalui Metode Drill And Practice Berbantuan Buku Bergambar Pada Anak Tunagrahita Kelas IV Di SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd (2) Eka Pramono Adi S.IP M.Si Kata Kunci Tunagrahita Bina Diri Menggosok Gigi Metode Drill And Practice Buku Bergambar Pendidikan merupakan hak dasar yang dimiliki setiap anak pada umumnya. Melalui pendidikan anak dapat berkembang baik secara optimal dalam hal akademik sosial maupun emosionalnya. Anak tunagrahita sebagai salah satu anak berkebutuhan khusus berhak mendapatkan pelayanan yang sama dengan anak normal lainnya. Anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki gangguan intelektual dan membutuhkan bantuan dalam penyelesaian tugasnya. Melalui penelitian ini digunakan metode pembelajaran metode drill and practice berbantuan buku bergambar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode drill and practice berbantuan buku bergambar pada pembelajaran menggosok gigi ini bertujuan agar anak memahami dan mengingat urutan yang benar dalam menggosok gigi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita sebelum menggunakan metode drill and practice (2) mendeskripsikan kemampuan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita setelah menggunakan metode drill and practice (3) mendeskripsikan apakah metode drill and practice dapat meningkatkan kemampuan menggosok gigi siswa tunagrahita. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen SSR (Single Subject Research) dengan menggunakan desain A-B-A yakni baseline-1 (A1) intervensi (B) dan baseline-2 (A2). Penelitian dilakukan sebanyak 11 sesi. Baseline-1(A1) sebanyak 3 sesi intervensi (B) sebanyak 5 sesi dan baseline-2 (A2) sebanyak 3 sesi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan dengan presentase yang disebut dengan persentase overlape. Hasil yang diketahui dari penelitian ini adalah (1) mean level kemampuan menggosok gigi siswa tunagrahita pada fase baseline-1 (A1) sebesar 53 6% (2) mean level kemampuan menggosok gigi siswa tunagrahita pada fase intervensi (B) sebesar 77 8% (3) mean level kemampuan menggosok gigi siswa tunagrahita pada fase baseline-2 (A2) sebesar 88 8% (4) terdapat pengaruh metode drill and practice berbantuan buku bergambar terhadap kemampuan menggosok gigi siswa tunagrahita. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari fase baseline-1 (A1) ke fase intervensi dan ke fase baseline-2 (A2). Hal ini dipengaruhi oleh adanya pemberian metode drill and practice berbantuan buku bergambar pada siswa Tunagrahita di SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang. Saran yang dapat diajukan peneliti adalah diharapkan sekolah dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi model pembelajaran baru untuk inovasi dalam pembelajaran bina diri menggosok gigi yang sebelumnya menggunakan model pembelajaran konvensional. Bagi guru diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai pilihan model pembelajaran yang lain untuk mendampingi atau bahkan menggantikan model pembelajaran konvensional yang telah diterapkan selama ini. Materi sebaiknya diajarkan kongkrit dan relevan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |