Pengaruh teknik discrete trial training terhadap kemampuan joint attention siswa autis di tk labaratorium universitas negeri malang. / Dwi Marini Shelly - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh teknik discrete trial training terhadap kemampuan joint attention siswa autis di tk labaratorium universitas negeri malang. / Dwi Marini Shelly

Shelly, Dwi Marini Shelly (2023) Pengaruh teknik discrete trial training terhadap kemampuan joint attention siswa autis di tk labaratorium universitas negeri malang. / Dwi Marini Shelly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak autis atau yang biasa disebut dengan ASD adalah anak dengan gangguan pada perkembangan fungsi saraf yang sangat bervariasi. Gangguan pada anak autis mempengaruhi perkembangan kemampuan anak dalam berinteraksi berkomunikasi serta mengendalikan emosi. Ketidakmampuan anak autis dalam berinteraksi sosial membuat anak autis seringkali tidak merespon dengan tepat ketika diminta untuk membagi atau menyeimbangkan perhatiannya terhadap sesuatu yang sedang ditampilkan sulit dalam berkontak mata serta tidak dapat mengikuti arah yang sama dengan orang lain atau biasa disebut dengan kemampuan joint attention. Dalam hal ini upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan joint attention anak autis adalah dengan menggunakan Discrete Trial Training (DTT) untuk melatih kemampuan joint attention anak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan joint attention siswa autis di TK Laboratorium Universitas Negeri Malang sebelum diberikan intervensi saat diberikakn intervensi berupa teknik discrete trial training dan setelah diberikan intervensi serta menganalisa pengaruh teknik discrete trial training terhadap kemampuan joint attention siswa autis. Dalam penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan teknik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi sebelum diberikan intervensi diperoleh hasil rata-rata intensitas 41 45 detik dan frekuensi 20 5 kali sehingga menujukkan level perubahan mengalami peningkatan pada sebesar intensitas 6 97 detik dan frekuensi 4 kali. Pada kondisi intervensi diperoleh hasil rata-rata intensitas 62 72 detik dan frekuensi 29 14 kali sehingga menunjukkan level perubahan mengalami peningkatan pada intensitas sebesar 24 05 detik dan frekuensi 8 kali. Setelah diberikan intervensi diperoleh hasil rata-rata intensitas 65 83 detik dan frekuensi 29 25 kali. Sehingga menunjukkan hasil bahwa penggunaan teknik discrete trial training berpengaruh terhadap kemampuan joint attention siswa autis yang dibuktikan dengan perbandingan perolehan hasil penelitian pada kondisi sebelum diberikan intervensi dan setelah diberikan intervensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295838

Actions (login required)

View Item View Item