Risa (2010) Pengaruh cara belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK PGRI 6 Janti Malang (studi pada siswa kelas XI SMK PGRI 6 Janti Malang) / Risa Sugianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keberhasilan belajar seorang siswa dalam menguasai pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut bisa dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa. Faktor dari dalam diri siswa diantaranya cara belajar dan kebiasaan belajar. Cara belajar sangat berperan dalam rangka mencapai tujuan belajar. Tanpa adanya cara dari dalam diri siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh maka ia tidak akan dapat mencapai tujuan belajar. Seperti halnya cara belajar dengan memiliki kebiasaan belajar yang baik maka tercapai prestasi belajar yang diharapkan. Prestasi belajar siswa akan optimal apabila siswa memahami berbagai macam kebiasaan belajar yang dilakukan. Berdasarkan latar belakang yang ada maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara belajar kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa kelas X1 SMK PGRI 6 Janti Malang serta menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh cara belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 SMK PGRI 6 Janti Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah diskriptif dan kausal. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah cara belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2). Sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 SMK PGRI 6 Janti Malang tahun ajaran 2007/2008. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling diperoleh sampel sebesar 75 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara belajar siswa APK kelas XI di SMK PGRI 6 Janti Malang adalah tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dari 32 % responden (24 siswa) menyatakan memiliki cara belajar yang sangat tinggi 46 7 % responden (35 siswa) menyatakan memiliki cara belajar yang tinggi dan 21 3 % (16 siswa) menyatakan memiliki cara belajar yang sedang. Hasil analisis deskriptif tentang kebiasaan belajar menunjukkan bahwa 33 3 % responden (25 siswa) memiliki kebiasaan belajar yang sangat baik 44 % responden (33 siswa) menyatakan memiliki kebiasaan belajar yang baik dan 22 6 % responden (17 siswa) menyatakan memiliki kebiasaan belajar yang cukup baik. Dan hasil analisis deskriptif tentang prestasi belajar menunjukkan bahwa 53 33 % responden (40 siswa) memiliki nilai baik dan 46 67 % responden (35 siswa) memiliki nilai cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa APK kelas XI SMK PGRI 6 Janti Malang memiliki prestasi belajar yang baik. Berdasarkan hasil analisis secara parsial dan simultan cara belajar dan kebiasaan belajar mempengaruhi prestasi belajar sebanyak 38 2 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan cara belajar kebiasaan belajar dan prestasi belajar. Saran yang diajukan adalah (1) Agar lebih meningkatkan kebiasaan belajarnya dan diharapkan untuk lebih memperhatikan kebiasaan belajar dengan cara memiliki kebiasaan belajar yang lebih teratur dan sehingga memperoleh hasil belajar yang lebih optimal. (2) Meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar dengan jalan membiasakan cara belajar yang dapat mempermudah prestasi belajar mengajar. (3) Hendaknya menciptakan suasana belajar mengajar yang mampu menumbuhkembangkan kegairahan belajar siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif belajar di kelas. (4) Dapat menciptakan cara belajar dan. kebiasaan belajar yang baik agar memperoleh prestasi belajar yang optimal. (5) Diharapkan pada penelitian yang akan datang untuk meneliti tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar selain cara belajar dan kebiasaan belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar tersebut antara lain intelegensi kesiapan minat kesehatan fasilitas belajar bimbingan orang tua keadaan ekonomi guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |