Naharin, Fadilatun Naharin (2023) Pengembangan e modul berbasis flipbook dengan penguatan karakter cinta tanah air pada muatan ips kelas iv sdn wonorejo 01 kabupaten blitar / Fadilatun Naharin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Naharin Fadilatun. 2023. Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Dengan Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (2) Yuniawatika S.Pd. M.Pd.. Kata kunci e-modul flipbook budaya Indonesia cinta tanah air Berdasarkan obeservasi pada pembelajaran materi IPS . Pembelajaran IPS di kelas IV SDN Wonorejo 01 masih ditemukan beberapa permasalahan dalam pelaksanaannya. Bahan ajar yang digunakan yaitu buku cetak IPAS dimana pembahasan materi masih kurang mendalam. Selain hal tersebut kurangnya pengetahuan siswa terkait kebudayaan sekitar dan lebih tertarik dengan kebudayaan asing atau yang lebih di kenal dengan Korean-Pop. Siswa lebih sering untuk mengerjakan tugas untuk membaca dan mengerjakan soal pada buku IPAS. Oleh sebab itu penelitian pengembangan ini memiliki tujuan mengembangkan e-modul berbasis flipbook dengan penguatan karakter cinta tanah air pada materi IPS kelas IV yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan guru serta praktis dan menarik menurut siswa sehingga dapat menyelesaikan beberapa permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Dick amp Carrey yang terdiri dari research and information collegting planning develop preliminary form of product preliminary field tasting main product revision main field testing operasional product revision operasional field testing final product revision dan dissemination and implementation. Data hasil analisis berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil pengisian angket validasi ahli materi ahli bahan ajar guru serta angket respon siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran ahli materi ahli bahan ajar guru dan siswa. Nilai kevalidan produk e-modul berbasis flipbook dengan penguatan karakter kemandirian belajar diperoleh sebesar 100% oleh ahli materi 100% oleh ahli bahan ajar dan 93% oleh guru dengan semua masuk kategori sangat valid. Nilai kepraktisan diperoleh rata-rata sebesar 100% dimana semua siswa mendapat skor di atas 75. E-modul dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria pada pengujian dengan kelas kontrol dan eksperimen Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis flipbook dengan penguatan karakter cinta tanah air pada muatan IPS sangat valid praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Alangkah materi dalam e-modul dikaitkan dengan muatan lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295040 |
Actions (login required)
View Item |