Pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan articulate storyline materi keragaman budaya kelas IV sekolah dasar / Veni Cristiana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan articulate storyline materi keragaman budaya kelas IV sekolah dasar / Veni Cristiana Dewi

Dewi, Veni Cristiana (2023) Pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan articulate storyline materi keragaman budaya kelas IV sekolah dasar / Veni Cristiana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan Articulate Storyline dilaksanakan di kelas IV SDN Sananwetan 1 Kota Blitar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas 4 menunjukan adanya permasalahan yaitu sebagai berikut (a) multimedia pembelajaran untuk pembelajaran IPS khususnya materi keragaman budaya belum tersedia di sekolah tersebut (b) dalam proses pembelajaran guru hanya berpegang pada sumber belajar buku tematik sehingga belum muncul keinteraktifan antara siswa dengan media yang mengakibatkan siswa lebih mudah bosan dalam pembelajaran (c) Materi keragaman budaya pada muatan IPS merupakan salah satu materi yang tidak semua materi diajarkan di kelas oleh karena itu penggunaan multimedia dirasa perlu untuk menyampaikan materi keragaman budaya. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan aplikasi multimedia pembelajaran yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna atau guru dan menarik bagi siswa. Model Penelitian dan pengembangan pada multimedia pembelajaran ini adalan model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara angket validasi dan dokumentasi. Data dari hasil validasi ahli dan uji coba produk dianalisis dan diukur menggunakan skala likert untuk menilai kevalidan dan skala guttman digunakan untuk mengetahui kepraktisan. Berdasarkan uji kevalidan secara beruntut diperoleh hasil validasi materi sebesar 87 57% validasi media sebesar 93 73% dan validasi dua pengguna mendapatkan presentase sebesar 93 75% dan 100% degan kriteria kevalidan sangat valid dan dapat diguakan tanpa revisi. Sedangkan untuk kepraktisan produk diperoleh berdasarkan hasil uji coba satu-satu oleh siswa sebesar 100% hasil uji coba skala kecil 98 88% dan hasil uji coba skala besar 99 25% dengan hasil katgori sangat praktis. Simpulan dalam penelitian ini adalah pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan Articulate Storyline pada pada muatan IPS materi keragaman rumah dan pakaian adat di Provinsi Jawa Timur di kelas IV sangat valid menurut ahli materi media dan pengguna dan sangat praktis menurut siswa. Disarankan untuk peneliti selanjutnya melanjutkan penelitian pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan Articulate Storyline dengan memprogram tampilan tampak penuh (full screen) menambahkan fitur video pembelajaran dengan materi keragaman rumah dan pakaian adat di Provinsi Jawa Timur dan membuat latihan soal evaluasi dengan mengadaptasi gaya games.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:29
Last Modified: 19 Dec 2023 03:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295013

Actions (login required)

View Item View Item