Pengembangan media uno stacko berbantuan qr code tentang materi keberagaman budaya di indonesia kelas iv sekolah dasar / Maytha Esterya Lumban Gaol - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media uno stacko berbantuan qr code tentang materi keberagaman budaya di indonesia kelas iv sekolah dasar / Maytha Esterya Lumban Gaol

Gaol, Maytha Esterya Lumban (2023) Pengembangan media uno stacko berbantuan qr code tentang materi keberagaman budaya di indonesia kelas iv sekolah dasar / Maytha Esterya Lumban Gaol. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media uno stacko berbantuan QR Code tentang materi keberagaman budaya di Indonesia kelas IV Sekolah Dasar yang valid menurut ahli media dan materi praktis menurut guru dan menarik menurut peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model ASSURE. Sumber data diperoleh melalui observasi wawancara validasi ahli media dan materi uji kepraktisan guru sebagai pengguna dan uji kemenarikan peserta didik. Data kuantitatif dianalisis dengan deskriptif persentase dan data kualitatif dianalisis dengan analisis naratif .Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket seperti lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi angket kepraktisan oleh guru dan kemenarikan oleh peserta didik. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar kritik dan saran oleh ahli media dan ahli materi serta guru. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa hasil validasi materiyaitu sebesar 93 7% dengan tingkat validitas yaitu sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media yaitu sebesar 100% dengan tingkat validitas yaitu sangat valid. Hasil uji coba kepraktisan guru dari SDN Pisangcandi 3 Malang yaitu sebesar 100% dengan tingkat kepraktisan yaitu sangat praktis. Hasil uji coba kepraktisan guru dari SDN Pisangcandi 1 Malang yaitu sebesar 100% dengan tingkat kepraktisan yaitu sangat praktis. Hasil persentase uji coba Skala kecil yaitu sebesar 100% dengan tingkat kemenarikan yaitu sangat menarik. Hasil persentase uji coba skala besar yaitu sebesar 99 2% dengan tingkat kemenarikan yaitu sangat menarik. Sehingga dapat dikatakan bahwa media uno stacko berbantuan QR Codetentang materi keberagaman budaya di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar sangat valid sangat praktis dan sangat menarik. Oleh karena itu media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 08:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295007

Actions (login required)

View Item View Item