Pengembangan video interaktif berbasis problem based learning muatan pkn untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sekolah dasar / Dea Sindy Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video interaktif berbasis problem based learning muatan pkn untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sekolah dasar / Dea Sindy Ramadhani

Ramadhani, Dea Sindy Ramadhani (2023) Pengembangan video interaktif berbasis problem based learning muatan pkn untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sekolah dasar / Dea Sindy Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan media pembelajaran berupa video interaktif dengan model Problem Based Learning guna mengembangkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis materi tentang nilai-nilai Pancasila untuk siswa kelas V sekolah dasar yang praktis efektif serta valid bagi guru pengajar maupun siswa. Pada penelitian pengembangan ini berdasar pada analisis permasalahan yang terdapat pada kelas V sekolah dasar sesuai dengan kebutuhan sekolah yang diperoleh dari kegiatan wawancara dan observasi secara tidak terstruktur. Hasil yang diperoleh bahwa penggunaan media pembelajaran pada sekolah sangat minim. Penelitian pengembangan ini menerapkan penelitian berjenis R amp D (Research and Development) yang memanfaatkan model pengembangan ADDIE yang mempunyai lima fase mencakup analyze design development implementation dan evaluation. Dari uji validitas mendapatkan hasil tingkat kevalidan sebesar 94 65% termasuk kategori sangat valid. Hasil tingkat kepraktisan sebesar 99 6%. Berdasar hasil pretest dan posttest didapatkan tingkat keefektifan yang dihitung menggunakan SPSS yang diawali dengan uji normalitas memperoleh hasil pretest mendapatkan nilai signifikasi sebesar 0 175 dan pada posttest mendapatkan nilai signifikasi sebesar 0 132. Lalu dilanjutkan uji paired sample t test yang menghasilkan kesimpulan terdapat perbedaan signifikan ketika sebelum dan sesudah memanfaatkan video interaktif. Jadi media video interaktif yang dikembangkan mampu memberikan pengaruh bagi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294970

Actions (login required)

View Item View Item