Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis realistic mathematics education (rme) dengan penguatan karakter mandiri pada materi pecahan di kelas iii sekolah dasar / Evalin Karona Br Tarigan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis realistic mathematics education (rme) dengan penguatan karakter mandiri pada materi pecahan di kelas iii sekolah dasar / Evalin Karona Br Tarigan

Tarigan, Evalin Karona Br Tarigan (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis realistic mathematics education (rme) dengan penguatan karakter mandiri pada materi pecahan di kelas iii sekolah dasar / Evalin Karona Br Tarigan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mayoritas guru saat ini mengajar di kelas dengan menyampaikan materi hanya kepada siswa tanpa melibatkan aspek kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini menyebabkan siswa sulit menyelesaikan masalah matematika secara kompeten jika siswa tidak memiliki pemahaman konsep yang tepat. Penggunaan media pembelajaran dan bahan ajar di kelas masih sangat terbatas. Pada materi pecahan di kelas III SD tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk LKPD berbasis RME. Model ADDIE digunakan dengan metode pengumpulan data observasi wawancara dan kuesioner dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dan kualitatif. Ahli materi ajar ahli materi pengguna (guru) dan siswa kelas III SD menjadi subyek penelitian pengembangan ini. Persentase penilaian yang dilakukan oleh ahli materi ajar sebesar 97 65 persen diikuti oleh penilaian LKPD yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 89 67 persen dan penilaian yang dilakukan oleh guru (pengguna) sebesar 96 43 persen. Nilai persentase 99 25 persen diperoleh pada aspek kemenarikan. Aspek kepraktisan sebesar 98 60 persen dan aspek penguatan karakter diri sebesar 99 50 persen. Menurut ahli bahan ajar ahli materi dan pengguna (guru) produk LKPD berbasis RME dengan penguatan karakter mandiri pada materi pecahan di kelas III SD dinilai sangat valid. Menurut siswa kepraktisan dan kemenarikan produk sangat tinggi dan produk yang dihasilkan dapat mendorong kemandirian siswa selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294925

Actions (login required)

View Item View Item