Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas v dalam menyelesaikan soal pecahan di sdn sawojajar 1 kota malang / Serlina Sofianing Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas v dalam menyelesaikan soal pecahan di sdn sawojajar 1 kota malang / Serlina Sofianing Safitri

Safitri, Serlina Sofianing Safitri (2023) Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas v dalam menyelesaikan soal pecahan di sdn sawojajar 1 kota malang / Serlina Sofianing Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dapat diartikan sebagai kemampuan yang tidak hanya mengaitkan antar konsep dalam matematika namun juga mengaitkan matematika dengan topik di luar matematika. Setelah dilakukan observasi ketika kegiatan Asistensi Mengajar (AM) peneliti menemui salah satu permasalahan siswa ragu-ragu dalam memutuskan langkah yang akan diambil ketika menyelesaikan soal. Siswa membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk menyelesaikan tiga soal cerita terkait materi pecahan. Melalui wawancara bersama guru kelas V peneliti memperoleh informasi bahwa hasil pengerjaan soal cerita terkait materi pecahan masih banyak ditemukan kesalahan pada strategi penyelesaiannya dan guru masih belum tau kemampuan koneksi yang dibutuhkan siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas V di setiap kategori dalam menyelesaikan soal cerita. Pendekatan campuran digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan tes tulis wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan kepada 32 siswa kelas V SDN Sawojajar I Kota Malang dan akan digolongkan kedalam kategori tinggi sedang dan rendah. Dapat diketahui kemampuan koneksi seluruh siswa kelas V masuk dalam kriteria sedang dengan persentase skor 53% dengan sebagian siswa dapat mengenali dan memanfaatkan kemampuan koneksi matematis. Pada siswa dengan kategori tinggi memperoleh persentase skor 81% dengan siswa yang dapat mengenali serta menggunakan kemampuan koneksi dalam menyelesaikan soal. Untuk siswa kategori sedang mendapat persentase skor 58% dimana siswa sudah mengenali kemampuan koneksi antar materi namun masih terdapat siswa yang tidak memahami masalah. Pada siswa kategori rendah mendapat persentase skor 21% dengan mayoritas siswa yang tidak mengenali dan memanfaatkan kemampuan koneksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294908

Actions (login required)

View Item View Item