Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan untuk kelas XC SMK PGRI Sumbermanjing Kab. Malang / Rizki Bagus Arbianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan untuk kelas XC SMK PGRI Sumbermanjing Kab. Malang / Rizki Bagus Arbianto

Arbianto, Rizki Bagus (2012) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan untuk kelas XC SMK PGRI Sumbermanjing Kab. Malang / Rizki Bagus Arbianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Aktivitas Hasil Belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas XC SMK PGRI Sumbermanjing Kab. Malang ditemukan bahwa peneliti masih sering melihat beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru ketika menyampaikan materi di depan kelas. Ini terjadi karena proses pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa. Guru sebagai fasilitator harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti mengajukan permasalahan sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (2) Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa (3) Apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa (4) Apa sajakah hambatan-hambatan dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan solusinya 5) Bagaimanakah respon siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Problem Based Learning Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XC SMK PGRI Sumbermanjing Kab. Malang yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tes wawancara observasi dokumentasi catatan lapangan dan angket respon siswa. Teknik analisis dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (reduksi data) Data Display (penyajian data) Conclusion Drawing/Verification (penarikan kesimpulan data dan verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian ini telah terbukti model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penilaian aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa yang diisi oleh dua orang observer ditemukan skor rata-rata yaitu 63 6% pada siklus I sedangkan pada siklus II diperoleh total skor rata-rata yaitu 77 27% hal ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa selama siklus I sampai siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dapat terlihat dari perbandingan hasil nilai pre-test dan post-test. Jumlah siswa yang tuntas pada nilai pre-test sebelum diterapkan model pembelajaran PBL sebanyak 18 siswa (45 00%). Hasil post-test siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa ii dengan siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa (70 27%). Hasil pre-test siklus II juga menunjukkan peningkatan hasil belajar yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 33 siswa (84 61%) sedangkan pada hasil post-test siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 36 siswa (90 00%). Paparan hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran PBL sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran Kewirausahaan. (2) Penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. (3) Penerapan pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (4) Faktor penghambat dalam penelitian ini adalah siswa belum terbiasa dengan penerapan model PBL sehingga siswa nampak gaduh pada awal proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1) Bagi guru model pembelajaran PBL dapat dijadikan sebagai alternatif model dalam pembelajaran di kelas. (2) Bagi siswa hendaknya lebih berani dan percaya diri saat mengemukakan pendapat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa untuk terampil dalam memecahkan masalah. (3) Bagi kepala sekolah agar menghimbau para guru untuk menerapkan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran lain yang sesuai agar siswa memperoleh pengalaman dari pemecahan masalah yang dilakukan dalam proses pembelajaran (4) Bagi peneliti yang lain hendaknya menerapkan pada mata pelajaran lain yang sesuai sehingga meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah dan melatih siswa untuk berani mengungkapkan pendapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29454

Actions (login required)

View Item View Item