Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata pelajaran kearsipan kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Lutfi Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata pelajaran kearsipan kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Lutfi Kurniasari

Kurniasari, Lutfi (2019) Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata pelajaran kearsipan kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Lutfi Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kurniasari Lutfi. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci penilaian autentik penilaian kinerja kearsipan Penilaian Autentik merupakan penilaian yang ditekankan pada pelaksanaan kurikulum 2013 yang diadaptasi oleh pemerintah dari konsep pendidikan abad ke-21. Penilaian autentik mampu memberikan informasi nyata dan valid mengenai hasil belajar peserta didik. Penilaian autentik lebih menekankan pada penilaian proses di samping penilaian hasil belajar. Pelaksanaan penilaian autentik belum sepenuhnya maksimal dikarenakan beberapa faktor antara lain keterbatasan waktu belajar dan kesulitan dalam pembuatan instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata pelajaran Kearsipan kompetensi dasar Menerapkan Penyimpanan Arsip Sistem Abjad Kronologis Geografis Nomor dan Subjek kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall dengan tahapan potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk produk akhir. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan yang digunakan berupa angket. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah validator konstruk validator isi guru pengajar mata pelajaran Kearsipan dan peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Blitar. Produk yang dikembangkan berupa instrumen penilaian autentik berbasis kinerja yang terdiri dari instrumen penilaian aspek psikomotorik dan aspek kognitif. Instrumen penilaian psikomotorik berisi lembar kerja siswa lembar penilaian dan kriteria penilaian psikomotorik. Instrumen penilaian kognitif berisi latihan soal pilihan ganda dan uraian kunci jawaban dan kriteria penilaian kognitif. Hasil analisis validasi konstruk oleh validator ahli assessment diperoleh persentase penilaian rata-rata sebesar 93 33% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis validasi isi oleh validator ahli materi diperoleh persentase penilaian rata-rata sebesar 98% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis tanggapan 6 peserta didik kelas X OTKP diperoleh persentase penilaian sebesar 95 48% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis tanggapan guru pengguna diperoleh persentase penilaian sebesar 91 43% dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian autentik yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Saran pemanfaatan pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja yaitu (1) mengatur strategi penilaian karena terdapat banyak aspek yang perlu dinilai untuk menghindari aspek-aspek yang tidak dapat dinilai ketika peserta didik melakukan praktik (2) Pengaturan waktu ketika praktik juga perlu diperhatikan sehingga kegiatan yang dilakukan dapat sesuai dengan waktu yang vi telah ditentukan (3) Sebelum melakukan praktik penyimpanan arsip diperlukan penjelasan yang lebih mendalam mengenai aspek-aspek yang akan dinilai dan kriteria penilaiannya sehingga peserta didik memiliki gambar yang jelas mengenai kegiatan praktik dan memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29442

Actions (login required)

View Item View Item