Pengembangan media pembelajaran monopoli kearsipan pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pemeliharaan arsip (studi pada kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Ristina Pristayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran monopoli kearsipan pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pemeliharaan arsip (studi pada kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Ristina Pristayanti

Pristayanti, Ristina (2019) Pengembangan media pembelajaran monopoli kearsipan pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pemeliharaan arsip (studi pada kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Ristina Pristayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pristayanti Ristina. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Kearsipan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip (Studi pada Peserta Didik Kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori S.Pd. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran dan monopoli kearsipan Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dari proses pembelajaran yang memiliki peranan penting karena media pembelajaran dapat mempengaruhi peserta didik dalam bebrapa hal di antaranya semangat belajar motivasi belajar dan minat belajar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut maka guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam proses pembelajaran melalui media pembelajaran. Salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran monopoli kearsipan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran yang menyenangkan melalui permainan monopoli pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip (2) mendeskripsikan kelayakan monopoli kearsipan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip sebagai media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research Development (R D) menurut Borg Gall. Tahapan pengembangan dimodifikasi menjadi delapan langkah yaitu (1) Research and Information Collecting (2) Planning (3) Develop Preliminary Form of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Operational Field Testing (7) Final Product Revision (8) Dissemination and Implementation. Produk hasil pengembangan telah divalidasi oleh seorang validasi ahli media seorang validasi ahli materi subjek uji coba pengguna (peserta didik) kelompok kecil dan subjek uji pelaksanaan kelompok besar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket serta jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yang diperoleh berasal dari skor nilai yang didapat dari angket dan data kualitatif diperoleh dari komentar saran serta masukan yang diberikan oleh validator subjek uji coba kelompok kecil dan subjek uji pelaksanaan kelompok besar serta dari observer penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase. Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa media pembelajaran monopoli kearsipan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip dalam bentuk cetak yang memiliki kelebihan yaitu (1) dapat menarik perhatian peserta didik untuk belajar (2) dapat meningkatkan semangat minat dan motivasi belajar peserta didik (3) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran namun media pembelajaran monopoli kearsipan juga memiliki kelemahan yaitu suasana kelas menjadi kurang kondusif dikarenakan peserta didik yang cukup antusias selama proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran monopoli kearsipan. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli kearsipan memiliki presentase ii 98 08% dengan kriteria sangat valid . Hasil validasi ahli materi memiliki presentase 89 75% dengan kriteria sangat valid . Hasil validasi uji coba kelompok kecil memiliki presentase 94 22% dan 91 11% yang keduanya memiliki kriteria sangat valid . Hasil validasi uji pelaksanaan kelompok besar memilki presentase 85 61% dan 86 26% yang keduanya memiliki kriteria sangat valid . Berdasarkan hasil validasi para ahli subjek uji coba kelompok kecil dan subjek uji pelaksanaan kelompok besar menunjukkan bahwa produk media pembelajaran monopoli kearsipan sangat layak untuk digunakan. Saran pengembangan lebih lanjut dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) mengembangkan media pembelajaran lebih lanjut dengan menggunakan Kompetensi Dasar yang lain (2) penyajian soal dalam pertanyaan tidak hanya berupa essay tetapi juga pilihan ganda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29431

Actions (login required)

View Item View Item