Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata kuliah manajemen kearsipan (studi pada mahasiswa penempuh mata kuliah manajemen kearsipan Pendidikan Adper Jurusan Manajemen di Universitas Negeri Malang) / Risma Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata kuliah manajemen kearsipan (studi pada mahasiswa penempuh mata kuliah manajemen kearsipan Pendidikan Adper Jurusan Manajemen di Universitas Negeri Malang) / Risma Agustina

Agustina, Risma (2019) Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata kuliah manajemen kearsipan (studi pada mahasiswa penempuh mata kuliah manajemen kearsipan Pendidikan Adper Jurusan Manajemen di Universitas Negeri Malang) / Risma Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Agustina Risma. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja pada Mata Kuliah Manajemen Kearsipan (Studi pada Mahasiswa Penempuh Mata Kuliah Manajemen Kearsipan Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen di Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci penilaian autentik berbasis kinerja manajemen kearsipan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi serta Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa terdapat standar pendidikan yang di dalamnya memuat standar penilaian. Kurikulum pendidikan ditetapkan oleh masing-masing program studi dengan standar capaian yang lentur dan akomodatif yang harus disesuaikan dengan kompetensi anak abad ke 21. Salah satu prinsip penilaian adalah autentik. Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran menyatakan bahwa belum ada kriteria yang disusun secara khusus untuk menilai kinerja mahasiswa dalam mata kuliah Manajemen Kearsipan secara autentik. Tujuan penelitian pengembangan untuk menghasilkan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata kuliah Manajemen Kearsipan yang layak melalui validasi ahli dan uji coba produk. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Research and Development oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi 7 langkah yang meliputi (1) potensi dan masalah (2) pegumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk dan (7) revisi produk. Produk diujicobakan kepada dosen pengampu mata kuliah Manajemen Kearsipan dan Lembar Kerja Mahasiswa diujicobakan kepada 1 offering mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran tahun angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah Manajemen Kearsipan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket wawancara angket validasi konstruk dan isi serta angket uji coba dosen dan mahasiswa. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara observasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah rerata dan dikategorikan menggunakan jenjang kevalidan. Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata kuliah Manajemen Kearsipan yang terdiri dari petunjuk penggunaan petunjuk penilaian psikomotorik kisi-kisi instrumen penilaian psikomotorik lembar kerja mahasiswa (LKM) lembar observasi dan pedoman kriteria penyekoran. Petunjuk penggunaan berisi pembagian instrumen mahasiswa dan dosen. Petunjuk penilaian psikomotorik berisi akumulasi skor dari berbagai aspek. Kisi-kisi instrumen digunakan sebagai pedoman pembuatan lembar observasi untuk menilai dan pedoman kriteria penyekoran. Pedoman kriteria penyekoran berisi kriteria tingkatan skor hasil kinerja mahasiswa. Instrumen dapat membantu dosen dalam melakukan penilaian secara autentik menambah kemandirian dan menciptakan ketuntasan belajar. Hasil validasi vii konstruk dan isi menunjukkan bahwa instrumen penilaian memiliki konstruksi dan isi dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba terbatas pada dosen menunjukkan bahwa instrumen dapat digunakan dengan sangat mudah dan mahasiswa sebagai pengguna LKM menyatakan dapat membaca instrumen dengan kriteria sangat mudah. Saran pemanfaatan produk ini agar observer diberikan pengarahan sebelum melakukan penilaian LKM diberikan sebelum kegiatan pembelajaran dan penyederhanaan pada aspek yang dinilai. Saran diseminasi agar produk dijurnalkan dan digunakan di lingkup Universitas Negeri Malang program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Saran produk lebih lanjut agar kegiatan uji coba dilakukan dengan lebih banyak audien sistematika penulisan yang lebih menarik pengembangan instrumen pada mata kuliah Manajemen Kearsipan II dan peningkatan efektifitas dan efisiensi produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29416

Actions (login required)

View Item View Item