Pengaruh persepsi tentang gaya belajar, sarana belajar, minat belajar, dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Rahmawati Dwi Andini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi tentang gaya belajar, sarana belajar, minat belajar, dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Rahmawati Dwi Andini

Andini, Rahmawati Dwi (2018) Pengaruh persepsi tentang gaya belajar, sarana belajar, minat belajar, dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Rahmawati Dwi Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Andini R. D. 2018. Pengaruh Persepsi tentang Gaya Belajar Sarana Belajar Minat Belajar dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci persepsi tentang gaya belajar sarana belajar minat belajar gaya mengajar guru prestasi belajar Proses pembelajaran merupakan hal yang harus dilaksanakan dengan perencanaan yang baik sehingga mampu mempersiapkan peserta didik untuk belajar dengan baik. Dengan terencananya pembelajaran yang baik maka akan memunculkan minat yang baik pula serta melalui proses pembelajaran guru bisa mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Tujuan penelitian (1) Deskripsi persepsi tentang gaya belajar sarana belajar minat belajar gaya mengajar guru (2) Pengaruh persepsi tentang gaya belajar sarana belajar minat belajar dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik (3) Pengaruh dominan variabel persepsi tentang gaya belajar sarana belajar minat belajar dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi tentang gaya belajar (X1) sarana belajar (X2) minat belajar (X3) dan gaya mengajar guru (X4) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang yang berjumlah 143 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Random Sampling. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan 5 opsi jawaban yaitu sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Jenis skala ini adala skala ordinal yang kemudian dinaikkan menjadi data interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder diperoleh dari bagian Tata Usaha yang berupa jumlah data dan nilai peserta didik yang diambil dari rapor semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan membagikan kuesioner pada 30 responden di luar sampel penelitian. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) variabel persepsi tentang gaya belajar dalam klasifikasi baik (2) variabel sarana belajar diklasifikasikan baik (3) variabel minat belajar diklasifikasikan baik (4) variabel gaya mengajar guru diklasifikasikan baik (5) prestasi belajar menunjukkan klasifikasi nilai kurang baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi memenuhi asumsi normal terlihat dari titik-titik yang ada pada P-P Plot of Regression Standardized Residual yang menyebar di sekitar garis diagonal dan mengikuti garis diagonal (2) ii model regresi tidak terjadi multikolinearitas terlihat pada nilai VIF 10 atau mempunyai angka Tolerance 0 10 (3) uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar. Perhitungan uji t diketahui bahwa (1) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik (2) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana belajar terhadap prestasi belajar peserta didik (3) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik (4) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi tentang gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik. Nilai Adjusted R Square -0 010 berarti prestasi belajar tidak dipengaruhi oleh persepsi tentang gaya belajar sarana belajar minat belajar dan gaya mengajar guru namun dipengaruhi oleh variabel lain misalnya faktor kesehatan cacat tubuh perhatian bakat kesiapan faktor kelelahan cara orang tua mendidik suasana rumah keadaan ekonomi keluarga media sosial teman bergaul dan lain-lain. Tidak ada variabel dominan yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Peneliti menyarankan (1) bagi kepala sekolah dalam upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik diharapkan kepala sekolah agar memberikan perintah kepada seluruh guru agar lebih memperhatikan peserta didiknya dalam belajar supaya peserta didik mendapatkan prestasi belajar dengan baik (2) bagi guru memiliki kedekatan dengan peserta didik baik pemberian pujian dan hadiah terhadap peserta didik dapat meningkatkan minat peserta didik untuk lebih giat dalam belajar selain itu model pembelajaran yang digunakan guru saat mengajar sebaiknya lebih bervariasi agar peserta didik tidak merasa jenuh dan dapat membangkitkan minat belajar pada diri peserta didik (3) peserta didik sebaiknya membiasakan mengulang materi-materi yang telah diajarkan guru ketika di sekolah selain itu dapat juga dilakukan dengan belajar rutin setiap hari tidak hanya dilakukan ketika akan menghadapi ujian saja (4) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar selain persepsi tentang gaya belajar sarana belajar minat belajar dan gaya mengajar guru. Misalnya faktor kesehatan media sosial teman bergaul faktor kelelahan cara orang tua mendidik perhatian orang tua bakat kesiapaan belajar suasana rumah dan keadaan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29398

Actions (login required)

View Item View Item