Peningkatan mutu pembelajaran pasca pandemi covid-19 (studi kasus di sman 58 jakarta) / Raden Ajeng Lutfi Annisa EL-Bait - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan mutu pembelajaran pasca pandemi covid-19 (studi kasus di sman 58 jakarta) / Raden Ajeng Lutfi Annisa EL-Bait

El-bait, Raden Ajeng Lutfi Annisa (2023) Peningkatan mutu pembelajaran pasca pandemi covid-19 (studi kasus di sman 58 jakarta) / Raden Ajeng Lutfi Annisa EL-Bait. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan pembelajaran daring ke luring pasca pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai dampak positif dan negatif bagi sekolah. Sekolah dihadapkan dalam sebuah tantangan yang harus diatasi dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas di masa pasca pandemi Covid-19. Peningkatan mutu pembelajaran merupakan fokus utama bagi sekolah. Oleh karena itu untuk mengikuti perubahan yang ada sekolah harus mengadaptasi diri dengan merancang strategi yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal mengenai (1) dampak perubahan pembelajaran daring ke luring pasca pandemi Covid-19 di SMAN 58 Jakarta (2) strategi peningkatan mutu pembelajaran pasca pandemi Covid-19 di SMAN 58 Jakarta (3) peran stakeholder dalam pelaksanaan strategi peningkatan mutu pembelajaran pasca pandemi Covid-19 di SMAN 58 Jakarta (4) faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi peningkatan mutu pembelajaran pasca pandemi Covid-19 di SMAN 58 Jakarta dan (5) hasil dari pelaksanaan strategi peningkatan mutu pembelajaran pasca pandemi Covid-19 di SMAN 58 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Lokasi penelitian berlatar di SMAN 58 Jakarta. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari 11 informan yang meliputi kepala sekolah wakil kepala sekolah bidang kurikulum kesiswaan dan sarana prasarana dua guru mata pelajaran tiga orang peserta didik komite sekolah dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh berkaitan dengan peningkatan mutu pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Selanjutnya informasi tersebut menjadi bahan dalam analisis data yang dilakukan dengan tahapan mulai dari pengumpulan data kondensasi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Setelah itu data tersebut dilakukan uji keabsahan melalui uji kredibilitas dengan cara triangulasi pengecekan anggota perpanjangan waktu pengamatan dan meningkatkan ketekunan serta uji transferabilitas. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan mengenai penelitian ini yaitu (1) dampak perubahan pembelajaran daring ke luring pasca pandemi Covid-19 di SMAN 58 Jakarta terbagi menjadi dua yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yaitu (a) menurunnya tingkat kejenuhan (b) meningkatnya pemanfaatan Ilmu Teknologi (IT) sebagai media pembelajaran. Sedangkan dampak negatifnya yaitu (a) penurunan tingkat kedisiplinan bagi peserta didik (b) learning loss (2) strategi yang dilakukan sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran pasca pandemi Covid-19 di SMAN 58 Jakarta yaitu (a) membuat target keberhasilan (b) mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada (c) meningkatkan keimanan dan ketaqwaan (d) memupuk jiwa nasionalisme (e) sekolah ramah anak (e) menjalin kerja sama dengan berbagai kemitraan dan pihak-pihak terkait (f) sarana dan prasarana yang memadai (g) penilaian capaian hasil belajar (3) peran stakeholder dalam pelaksanaan peningkatan mutu pembelajaran (a) kepala sekolah bertanggung jawab penuh atas seluruh kegiatan yang ada di sekolah memberikan arahan dan memimpin semua kegiatan (b) wakil kepala sekolah berperan dalam penyelenggaraan kegiatan sesuai dengan bidangnya (c) guru berperan dalam memberikan pengajaran dan pembinaan karakter bagi peserta didik (d) peserta didik berperan dalam dalam mengikuti proses pembelajaran kegiatan di sekolah dan menaati aturan sekolah (e) komite sekolah berperan dalam mendukung pengelolaan dan pengembangan sekolah (f) orang tua berperan dalam mendukung pendidikan putra/putrinya (4) faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi peningkatan mutu pembelajaran di SMAN 58 Jakarta yaitu (a) dampak psikologis peserta didik yang meliputi konsentrasi belajar yang masih terganggu daya juang yang rendah kurangnya rasa percaya diri dan minat dan motivasi belajar yang masih rendah (b) penggunaan teknologi yang berlebihan akan mengakibatkan konsentrasi peserta didik terganggu (c) keterbatasan guru dalam penguasaan teknologi akan berdampak pada kurangnya variasi media dan metode pembelajaran di kelas dan (5) hasil dari pelaksanaan strategi peningkatan mutu pembelajaran pasca pandemi Covid-19 di SMAN 58 Jakarta adalah terjadinya peningkatan pada proses dan hasil. Peningkatan pada proses dapat dilihat dari adanya peningkatan pada karakter peserta didik dan peningkatan dalam pelayanan proses pembalajaran yang diberikan kepada peserta didik. Peningkatan pada hasil dari dilihat dari tingkat ketercapaian penilaian persentase kenaikan kelas persentase kelulusan dan keterserapan peserta didik yang diterima di PTN melalui jalur SNBP. Berdasarkan simpulan tersebut maka disarankan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Jakarta Timur lebih memperhatikan pada sekolah-sekolah yang masih kurang dalam pemanfaatan Ilmu Teknologi bagi guru sebagai media pembelajaran dan mensosialisasikan pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik (2) Kepala SMA Negeri 58 Jakarta lebih mengoptimalkan dalam memberikan pembinaan dan arahan secara berkelanjutan pada seluruh warga sekolah dengan memberikan evaluasi di setiap program yang telah dilaksanakan untuk mencapai mutu sekolah yang lebih baik (3) Guru diharapkan dapat memberikan variasi pada metode dan media pembelajaran agar menciptakan suasana belajar yang bermakna dan menyenangkan sehingga mendapat hasil yang diinginkan (4) Peserta didik diharapkan lebih mentaati kebijakan yang ada di sekolah dan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran serta berbagai kegiatan yang ada di sekolah dan (5) Peneliti lain dapat menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan strategi sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2024 06:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293891

Actions (login required)

View Item View Item