Pengaruh penerapan model pembelajaran Direct Instruction (DI) dan model ceramah terhadap hasil belajar melalui berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Dyah Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran Direct Instruction (DI) dan model ceramah terhadap hasil belajar melalui berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Dyah Lestari

Lestari, Dyah (2018) Pengaruh penerapan model pembelajaran Direct Instruction (DI) dan model ceramah terhadap hasil belajar melalui berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Dyah Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Dyah. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Direct Intruction (DI) dan Model Ceramah Terhadap Hasil Belajar Melalui Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Admnistrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata kunci Direct Intruction Ceramah Variasi hasil belajar berfikir kreatif. Pendidikan sering diartikan sebagai usaha untuk memperbaiki kepribadian peserta didik sesuai dengan nilai-nilai yang ada didalam masyarakat dan budayanya. Kemampuan berfikir kreatif sangat penting untuk dikembangkan.Berdasarkan hasil observasi peserta didik masih memiliki hasil belajar dan berfikir kreatif yang rendah. rendahnya kemampuan berfikir kreatif peserta didik disebabkan oleh pembelajaran selama ini masih belum mengkonstruk kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkanhasil belajar dan berfikir kreatif peserta didik yaitu dengan menggunakan model Direct Intruction. Tujuan penelitain ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan pengaruh berfikir kreatif antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan model Direct Intruction dan peserta didik yang mendapat model ceramah (2) mengetahui perbedaan pengaruh hasil belajar antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan model Direct Intruction dan peserta didik yang mendapat model ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu atau Quasi Esksperimental Designsdengan menggunakan rancangan Posttest Nonequvalent Control Grub Design. Variabel bebas penelitian ini adalah Direct Intruction dan Ceramah. Variabel terikat adalah hasil belajar dan berfikir kreatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan tahun ajaran 2017/2018. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Sample yang digunakan adalah kelas X Administrasi 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Administrasi 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan melakukan posttes diakhir penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik (uji Anova) menggunakan program SPSS 22.0 for Ms Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Direct Inruction dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji anova untuk hasil belajar dan berfikir kreatif dengan taraf signifikasi sebesar 0 05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan keterampilan berfikir kreatif antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunkan model Direct Intruction dan peserta didik yang mendapat pembelajaran ceramah (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunkan model Direct Intruction dan peserta didik yang mendapat pembelajaran ceramah. Peneliti menyarankan (1) Guru dapat menerapkan model pembelajaran Direct Inruction sebagai alternatif model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik (2) Peserta didik sebaiknya lebih terampil dalam berfikir kreatif dan mengerjakan latihan mandiri yang diberikan oleh guru (3) keberhasilan model pembelajaran Direct Intruction (DI) dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar dapat dijadikan sebagai inspirasi peneliti lebih lanjut pada peserta didik sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29378

Actions (login required)

View Item View Item