Pengaruh lingkungan sekolah, kebiasaan belajar, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Produktif Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan / Izzatul Islahiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan sekolah, kebiasaan belajar, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Produktif Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan / Izzatul Islahiyah

Islahiyah, Izzatul (2018) Pengaruh lingkungan sekolah, kebiasaan belajar, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Produktif Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan / Izzatul Islahiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Islahiyah I. 2018. Pengaruh Lingkungan Sekolah Kebiasaan Belajar Kemandirian terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci lingkungan sekolah kebiasaan belajar kemandirian belajar hasil belajar Pendidikan merupakan kunci penting dalam proses pembangunan melalui pendidikan diharapkan mampu menciptakan manusia yang cerdas damai dan terbuka sehingga tujuan pembangunan nasional dapat tercapai. Proses belajar mengajar adalah kegiatan utama dalam dunia pendidikan. Untuk mencapai keberhasilan dalam sebuah proses belajar dilihat dari hasil belajar yang optimal. Hasil belajar yang optimal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya lingkungan sekolah dan sebagainya. Lingkungan sekolah juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Adanya lingkungan sekolah dapat mendorong peserta didik untuk berbuat dan mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) lingkungan sekolah kebiasaan belajar kemandirian belajar dan hasil belajar (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar (3) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar (4) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar (5) pengaruh yang dominan antara variabel lingkungan sekolah kebiasaan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara masing-masing variabel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah (X1) kebiasaan belajar (X2) dan kemandirian belajar (X3) dengan variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 252 peserta didik dengan sampel yang digunakan sebanyak 153 peserta didik. Pengambilan sampel ini menggunakan sampel proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima ukuran dimulai dari opsi sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Jenis data adalah data ordinal yang diubah menjadi data interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Untuk sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang mana data primer berasal dari responden sedangkan data sekunder berasal dari TU dan Waka. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini kuesioner dibagikan pada tanggal 5 Maret 2018. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum jumlah peserta didik dan hasil belajar berupa nilai rapor semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) uji normalitas (2) uji heteroskedastisitas (3) uji multikolinearitas. ii Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) lingkungan sekolah dalam klasifikasi baik (2) kebiasaan belajar dalam klasifikasi baik (3) kemandirian belajar dalam klasifikasi baik (4) hasil belajar peserta didik menunjukkan klasifikasi baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Uji normalitas menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi normalitas (2) uji multikolinearitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas (3) uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar (2) tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar (3) tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Nilai Adjusted R Square 0 009 berarti 1 20% hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh lingkungan sekolah kebiasaan belajar kemandirian belajar sisanya sebesar 98 80% diduga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti faktor kesehatan intelegensi perhatian minat bakat modif kematangan kesiapan cara orangtua mendidik keadaan ekonomi keluarga teman bergaul waktu sekolah metode belajar dan mass media. Peneliti menyarankan (1) bagi kepala sekolah sebaiknya dapat memperhatikan kondisi dan fasilitas perpustakaan yang baik dengan cara seperti menambah buku-buku pelajaran yang dibutuhkan peserta didik menambah akses wifi agar peserta didik dapat memanfaatkan perpustakaan untuk membaca buku dan mencari bahan pelajaran pada jam pelajaran kosong (2) bagi guru diharapkan dapat memotivasi peserta didik untuk membiasakan belajar pada pagi hari sebelum berangkat sekolah. Karena hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik (3) bagi peserta didik sebaiknya mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah dipelajari di sekolah agar peserta didik memahami kembali apa yang dipelajari di sekolah dan hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik (4) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut terkait variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil pelajar peserta didik selain dari efikasi diri lingkungan sekolah kebiasaan belajar kemandirian belajar. Misalnya fasilitas belajar minat belajar teman bergaul motede mengajar guru kesiapan belajar dan disiplin belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29371

Actions (login required)

View Item View Item