Pengembangan modul kearsipan berbasis pendekatan scientific pada kompetensi dasar menerapkan pengelolaan arsip elektronik untuk ........ (studi pada kelas X Otomatisasi dan tata Kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Fitri Nur Dian Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kearsipan berbasis pendekatan scientific pada kompetensi dasar menerapkan pengelolaan arsip elektronik untuk ........ (studi pada kelas X Otomatisasi dan tata Kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Fitri Nur Dian Sari

Sari, Fitri Nur Dian (2018) Pengembangan modul kearsipan berbasis pendekatan scientific pada kompetensi dasar menerapkan pengelolaan arsip elektronik untuk ........ (studi pada kelas X Otomatisasi dan tata Kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Fitri Nur Dian Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sari F. N. D. 2018. Pengembangan Modul Kearsipan Berbasis Pendekatan Scientific pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengelolaan Arsip Elektronik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini M.Pd. Kata Kunci pendekatan scientific modul pembelajaran hasil belajar Kurikulum yang diberlakukan saat ini telah mengalami perkembangan dari kurikulum sebelumnya. Dengan diberlakukannya kurikulum 2013 Revisi 2017 sekarang ini banyak sumber belajar yang tidak sesuai dengan silabus yang baru. Materi yang ada pada sumber belajar kebanyakan masih mengacu pada silabus yang lama sehingga hal tersebut menyusahkan pendidik maupun peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut juga membuat peserta didik menjadi kesusahan dalam belajar dan membuat peserta didik bergantung pada guru. Dampak dari permasalahan tersebut salah satunya terjadi pada hasil belajar peserta didik yang kurang. Pengembangan modul pembelajaran yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) untuk menghasilkan serta mengetahui kelayakan dari hasil validasi modul Kearsipan berbasis Pendekatan Scientific Kompetensi Dasar Menerapkan Pengelolaan Arsip Elektronik untuk peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul Kearsipan Kompetensi Dasar Menerapkan Pengelolaan Arsip Elektronik berbasis Pendekatan Scientific dan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan modul Kearsipan Berbasis Pendekatan Scientific Kompetensi Dasar Menerapkan Pengelolaan Arsip Elektronik pada peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan Research Development yang menggunakan model Dick Carey (dalam Setyosari 2015 284) yang telah dimodifikasi menjadi 8 langkah yaitu (1) analisis kebutuhan dan tujuan (2) analisis pembelajaran (3) analisis pembelajar (siswa) dan konteks (4) merumuskan tujuan perfomansi (5) mengembangkan instrumen (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang pada mata pelajaran kearsipan kompetensi dasar 3.12 Menerapkan Pengelolaan Arsip Elektronik. Modul divalidasi oleh dua ahli modul dua ahli materi dan uji coba terbatas yang terdiri dari 6 peserta didik. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan posttest pada ranah kognitif dan psikomotorik. Sebelumnya soal posttest diuji cobakan terlebih dahulu untuk mendapatkan butir soal yang memiliki taraf kesukaran dan daya pembeda soal yang baik. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) modul yang telah divalidasi oleh ahli modul menunjukkan persentase penilaian 94 1% dimana modul ii yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase penilaian sebesar 84 4% dimana modul yang telah dikembangkan dinyatakan cukup valid atau dapat digunakan namun perlu revisi kecil. Hasil dari uji coba terbatas menunjukkan bahwa persentase penilaian 79 1% dimana modul yang telah dikembangkan dinyatakan cukup valid atau dapat digunakan namun perlu revisi kecil (2) perhitungan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan SPSS dapat dilihat pada output pertama Independent Sample t-test yang menunjukkan rata-rata nilai pada kelas eksperimen 84 38 dan kelas kontrol 78 27. Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t dimana dilakukan analisis dua kali. Analisis yang pertama yaitu uji F untuk melihat varians nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis uji F menunjukkan tingkat signifikansi 0 976 707 0 05 yang berarti H0 diterima dengan artian tidak ada varian nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis yang kedua yaitu analisis uji t yang menunjukkan thitung 707 ttabel (5 989 707 1 666) dengan signifikansi 0 05 maka H0 ditolak artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa modul Kearsipan Berbasis Pendekatan Scientific Kompetensi Dasar Menerapkan Pengelolaan Arsip Elektronik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran yang diberikan untuk peneliti pengembangan produk selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan produk lebih rinci dan dapat dipahami oleh peserta didik. Modul yang dikembangkan lebih baik diberi contoh kasus dan gambar yang riil dan menarik untuk dapat menambah minat belajar peserta didik dalam menggunakan modul. Modul yang dikembangkan juga diberi soal yang dapat memperdalam pemahaman peserta didik terhadap materi yang ada dalam modul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29344

Actions (login required)

View Item View Item