Pengaruh lingkungan keluarga dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar (studi pada mata pelajaran humas dan keprotokolan kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Lutfi Nihayatul Fahriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar (studi pada mata pelajaran humas dan keprotokolan kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Lutfi Nihayatul Fahriyah

Fahriyah, Lutfi Nihayatul (2018) Pengaruh lingkungan keluarga dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar (studi pada mata pelajaran humas dan keprotokolan kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Lutfi Nihayatul Fahriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fahriyah Lutfi.N. 2018. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Lingkungan Keluarga Kepercayaan Diri Hasil Belajar Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi hampir semua individu dan salah satu usaha dalam mengembangkan potensi yang ada di dalam peserta didik meliputi kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian dan kecerdasan. Berhasilnya suatu proses pembelajaran di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu lingkungan keluarga dan kepercayaan diri. Lingkungan keluarga yang baik akan menghasilkan hasil belajar yang baik dikarena lingkungan keluarga merupakan tempat pertama yang memberikan modal dasar pembelajaran dari orang tua untuk siswa. Selain lingkungan keluarga kepercayaan diri juga mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar. Kepercayaan diri merupakan modal bagi siswa dengan adanya kepercayaan diri peserta didik lebih yakin dan berani menghadapi segala suatu persoalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi lingkungan keluarga kepercayaan diri dan hasil belajar mata pelajaran humas dan keprotokolan kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen (2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar (3) Pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu lingkungan keluarga (X1) dan kepercayaan diri (X2) terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen yang berjumalah 54 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 48 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) uji normalitas (2) uji multikolinieritas (3) uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) analisis deskriptif (2) analisis regresi linier berganda (3) uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lingkungan keluarga dapat diklasifikasikan baik sedangkan kepercayaan diri juga dapat diklasifikasikan sangat baik dan memiliki rata-rata hasil belajar mata pelajaran Humas dan Keprotokolan yang baik karena hasil belajar semua siswa tuntas KKM (100%) (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran Humas dan Keprotokolan kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen (3) Terdapat pengaruh positif signifikan variabel kepercayaan diri terhadap hasil belajar mata pelajaran Humas dan Keperotokolan kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen. ii Dari hasil penelitian ini peneltii menyarankan (1) Bagi guru sebaiknya lebih dekat dengan siswa mengetahui masalah dan kesulitan belajar siswa hendaknya menjelaskan dengan mengkaitkan hal-hal yang menarik dalam kehidupan sehari-hari (2) Bagi siswa diharapkan agar tidak menunda-nuda tugas ketika di beri guru tugas meskipun tidak ada ulangan atau tugas sebaiknya tetap belajar dan memanfatkan waktu luang untuk belajar dengan sebaik mungkin siswa juga lebih bersungguh-sungguh dalam belajar (3) Bagi orang orang tua hendaknya mendampingi anak untuk belajar terutama bapak dan ibu untuk mengawasi kegiatan anak dalam proses belajar dan terus memberikan suasana keluarga yang kondusif bagi anak mempertahankan dan meningkatkan suasana keluarga yang hangat perhatian mendampingi bahkan mengawasi kegiatan agar dapat memperoleh prestasi belajar yang optimal (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik melanjutkan penelitian ini sebaiknya meneliti dengan menggunakan populasi yang lebih luas atau kompetensi keahlian yang berbeda serta dapat menambahkan variabel lain karena masih banyak faktor lain yang berperan dalam mencapai hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29328

Actions (login required)

View Item View Item