Mardia, Delisma Ade Putri (2018) Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 aspek pembelajaran student centered learning dan aspek pembelajaran kritis (studi pada guru kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo) / Delisma Ade Putri Mardia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Mardia Delisma Ade Putri. 2018. Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Aspek Pembelajaran Student Centered Learning dan Aspek Pembelajaran Kritis (Studi Pada Guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci Kurikulum 2013 Penyempurnaan Pola Pikir Aspek Pembelajaran Student Centered Learning Aspek Pembelajaran Kritis. Perubahan kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013 berdampak terhadap penyempurnaan pola pikir. Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 menyebutkan bahwa penyempurnaan pola pikir ini lebih menekankan pada aktivitas siswa diantaranya adalah Student Centered Learning (SCL) dan pola pembelajaran kritis. Student Centered Learning (SCL) merupakan perubahan paradigma dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk dapat mendorong siswa agar terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuan sikap dan perilaku. Sedangkan pola pembelajaran kritis adalah pembelajaran dalam aspek kognitif yang mendorong peserta didik agar mampu mendapatkan suatu jawaban atau pemahaman. Adapun fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) implementasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran aspek Student Centered Learning yang dilaksanakan oleh guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo dan (2) implementasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran aspek pembelajaran kritis yang dilaksanakan oleh guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif informan utama dalam penelitian ini terdiri dari tiga guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo dan satu orang wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan studi dokumentasi. Prosedur penelitian ini adalah observasi awal pelaksanaan penelitian analisis data penarikan kesimpulan dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru telah menerapkan pola pembelajaran Student Centered Learning dari mulai tahap perencanaan pelaksanaan hingga evaluasi. Namun penerapan pola pembelajaran Student Centered Learning pada tahap pelaksanaan belum sepenuhnya optimal hal ini terbukti sebagian besar guru belum memanfaatkan beragam jenis media yang ada saat ini. (2) Guru telah menerapkan pola pembelajaran kritis dengan baik terbukti guru telah menerapkan indikator pola pembelajaran kritis dalam pembelajaran diantaranya dengan melakukan pembelajaran dalam kelompok kecil memberikan informasi yang masih harus diolah dan mendorong peserta didik untuk melakukan eksplorasi penemuan merumuskan hipotesis dan memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29324 |
Actions (login required)
View Item |