Pengembangan E-Modul Materi Karakteristik Ruang dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berbasis Saintifik di Kelas IV Sekolah Dasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-Modul Materi Karakteristik Ruang dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berbasis Saintifik di Kelas IV Sekolah Dasar

Safitri, Nisa Sofia (2023) Pengembangan E-Modul Materi Karakteristik Ruang dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berbasis Saintifik di Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkane-modul-materikarakteristikruangdanpemanfaatansumberdayaalamberbasissaintifik di kelas IV B SDN Karangtengah 1 yang valid bagiparaahlimateridanahlibahan ajar, menarikbagipengguna guru danpenggunasiswa, danmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Permasalahan yang mendukungpengembanganbahan ajar e-modulyaitukurangnyacakupanmateridalamBuku IPASImplementasiKurikulumMerdeka, sehingga guru harusmencarimateridari internet. Penelitianpengembanganinimenggunakan model ADDIE dengan 5 tahapanyaitu, analyze, design, development, implementation, danevaluasidisetiaptahapnya. Hasilujikevalidan e-modulmenunjukkanbahwa rata-rata hasilvalidasi 93%.Hasilujikepraktisandengan rata-rata mencapai 90%.Hasilbelajarmenunjukkanpeningkatandengannilaimeanspadakelaskontrol 66.04dankelaseksperimen 74.38. Nilai yang diperolehdilakukanujimelaluiujinormalitasdengannilaisignifikansi 0.76>0.05 dan 0.395 > 0.05 artinya data berdistribusi normal, ujihomogenitasmencapai 0.326>0.05 berarti data homogen, dilanjutkandenganujihipotesismenggunakanindependent sample t test dengannilai sig. (equal variances assumed) 0.043<0.05 yang artinyaterdapatperbedaan rata-rata hasilbelajardarikelaskontroldankelaseksperimen. Sehingga dapat disimpulkan pada penelitian dan pengembangan ini menghasilkan E-Modul yang valid menurut ahli materi, ahli bahan ajar, dan ahli guru pengguna. Menarik dan praktis menurut pengguna siswa. serta, efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka pada muatan IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-modul, pendekatan saintifik, karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:59
Last Modified: 04 Jul 2023 07:59
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2932

Actions (login required)

View Item View Item