Pengembangan modul mengelola pertemuan rapat berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mempersiapkan pertemuan rapat untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Arsyad Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mengelola pertemuan rapat berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mempersiapkan pertemuan rapat untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Arsyad Darmawan

Darmawan, Arsyad (2018) Pengembangan modul mengelola pertemuan rapat berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mempersiapkan pertemuan rapat untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Kediri) / Arsyad Darmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darmawan Arsyad. 2017. PengembanganModulMengelolaPertemuan/RapatBerbasis Guided Inquiry padaKompetensiDasarMempersiapkanPertemuan/RapatuntukMeningkatkanHasilBelajar(StudipadaKelas X AdministrasiPerkantoran SMK Negeri 2 Kediri).Skripsi Program Studi S1 PendidikanAdministrasiPerkantoran JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. PembimbingDr. HenyKusdiyanti S.Pd M.M. Kata Kunci ModulMengelolaPertemuan/Rapat Guided Inquiry HasilBelajar Berdasarkanhasilwawancaradengan guru matapelajaranMengelolapertemuan/rapatdanobservasi di SMK Negeri 2 Kediri belumtersedianyamodulpembelajarantentangmenyelenggarakanPertemuan/Rapatsertabahan ajar yang tersusunsesuaikurikulumtingkatsatuan (KTSP).Berdasarkanpotensi yang ada di sekolah makadilakukanpenelitiandanpengembanganmodulpembelajaranMengelolaPertemuan/RapatberbasisGuided InquirygunaMenciptakansuasanabelajarbarudanmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianpengembangan (Research and Development)olehBorgdan Gall dengansepuluhlangkah yaitu (1) Research and Information collecting (2) Planning (3) Develop Preliminary From of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Testing (7) Operational Field Revision (8) Final Product Testing. (9) Final Product Revision. (10) Dissemination and Implementation.Validasi media dilakukanoleh 1 ahlimateri 1 ahlimodul 6siswaujicobalanganganterbataskelas X APK 1 dan 38 siswaujicobapemakaiankelas X APK 2. Peningkatanhasilbelajardapatdilihatdarinilaipost testsiswakelaseksperimenyang menggunakanmoduldankelaskontrol yang melakukanpembelajaranumum. Hasilvalidasiahlimaterisebesar 85.61% danvalidasiahlimodulsebesar 87.53%. Dari keduahasilvalidasitersebut makadapatdisimpulkanbahwamodulmengelolapertemuan/rapatvalid dan dapatdigunakanuntukujicobapemakaian. Sedangkanhasilujicobapemakaiansebesar 93 55% yang berartimodulsudahvalid dan dapatdigunakanuntukskala yang lebihluas. Kesimpulandaripenelitianpengembanganiniadalahadanyaperbedaan rata-rata hasilbelajarkelaseksperimendankelaskontrol. Rata-rata nilaikelasekperimen yang mengunakanmodulpembelajaranadalah 80 73dan rata-rata nilaikelaskontrol yang tidakmenggunakanmodulpembelajaranadalah70 49 yang berartimodulmengelolapertemuanataurapatberbasisGuided Inquirypadakompetensidasarmenyelanggarakanpertemuanataurapatyang dikembangkanmampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29296

Actions (login required)

View Item View Item