Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian peserta didik kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / Holib Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian peserta didik kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / Holib Wijayanti

Wijayanti, Holib (2018) Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian peserta didik kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / Holib Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti H. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Peserta Didik. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd M.M. Kata Kunci modul Learning Cycle 5E hasil belajar kemandirian Penerapan kurikulum 2013 menyebabkan kurang maksimalnya ketersediaan sumber belajar terutama untuk sumber belajar dalam bentuk modul. Kurangnya ketersediaan modul tentu berpengaruh pada kelancaran proses pembelajaran. Modul berbasis Learning Cycle 5E merupakan modul yang disusun dengan menggunakan lima tahapan dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E. Modul Administrasi Sarana dan Prasarana dikembangkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E untuk menyesuaikan kebutuhan peserta didik yaitu agar peserta didik dapat belajar dengan maksimal dan mandiri. Modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E baik diterapkan di SMK PGRI 2 Malang kelas XI Administrasi Perkantoran karena pada proses pembelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana yang belum bisa berjalan secara maksimal. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E untuk SMK kelas XI Administrasi Perkantoran (2) Mengetahui kelayakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E melalui uji validasi ahli materi dan ahli Teknologi Pembelajaran (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemandirian antara peserta didik yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E dan peserta didik yang melaksanakan pembelajaran tanpa menggunakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E. Penelitian pengembangan modul ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (R D) oleh Dick and Carey. Subyek penelitian yang ditetapkan adalah validator ahli materi dan validator ahli Teknologi Pembelajaran. Selain itu subjek uji coba kelompok kecil yang terdiri atas enam peserta didik serta subjek uji coba kelompok besar yang terdiri dari peserta didik kelas XI APK 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang diterapkan yaitu analisis data secara kualitatif dan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi kelayakan modul sebesar 98 07%. Sedangkan rata-rata hasil respon peserta didik uji coba kelompok kecil adalah sebesar 84%. Berdasarkan rumus yang telah ditetapkan rata-rata hasil belajar aspek kognitif kelas kontrol adalah 72 8 serta kelas eksperimen sebesar 84 2. Sedangkan rata-rata hasil belajar aspek psikomotorik ii kelas kontrol adalah 73 8 dan kelas eksperimen sebesar 88 4. Selain itu pada rata-rata nilai kemandirian kelas kontrol sebesar 52 sedangkan kelas eksperimen adalah sebesar 90. Dengan demikian kesimpulan secara keseluruhan adalah modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E sangat layak untuk digunakan. Hal ini disebabkan karena rata-rata hasil validasi yang sangat tinggi serta rata-rata hasil belajar dan kemandirian kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran pemanfaatan bagi guru dapat menggunakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E sebagai referensi ketika melangsungkan pembelajaran. Saran pemanfaatan bagi peserta didik yaitu menggunakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Learning Cycle 5E sebaik mungkin sebagai sumber dan panduan belajar baik didalam maupun diluar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29294

Actions (login required)

View Item View Item