Wulandari, Elika Ayu (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Teknologi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Malang) / Elika Ayu Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Wulandari Elika Ayu. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Teknologi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola PerkantoranSMK Negeri 1 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Kata kunci Bahan Ajar Modul Pembelajaran Scientific Teknologi Perkantoran. Perkembangan zaman menuntut pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pemerintah merevisi kurikulum 2013 guna menjawab tantangan zaman yang terus berubah. Pada kurikulum ini peserta didik dituntut untuk lebih mandiri dalam belajar. Maka dari itu dibutuhkan sumber belajar yang dapat menunjang kemandirian peserta didik. Salah satunya adalah modul. modul pembelajaran adalah sumber belajar yang berbentuk bahan ajar cetak yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi metode dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai indikator yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa modul pembelajaran cetak (2) mengetahui respon pengguna modul dan (3) mengetahui kelayakan modul pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran kompetensi dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online di SMK Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan modifikasi model pengembangan pendidikan ADDIE namun penelitian ini hanya menggunakan 4 tahap saja yaitu (1) Analisys (2) Design (3) Development (4) Implementation. Penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh hasil yang valid dalam pengembangan modul. Angket diberikan kepada ahli modul ahli materi uji coba kelompok kecil dan pengguna atau uji coba lapangan. Modul ini divalidasi oleh validator sebanyak tiga kali yaitu setelah di uji para ahli setelah uji coba kelompok kecil dan setelah uji coba lapangan (setelah mengetahui respon peserta didik). Berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli modul diperoleh persentase sebesar 98 4% validasi ahli materi sebesar 94 8% uji coba kelompok kecil sebesar 83 3% dan respon peserta didik dalam uji coba lapangan sebesar 82 5%. Rata-rata persentase modul atau validitas gabungan antara penilaian para ahli dan respon peserta didik sebesar 89 75%. Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar dan Sriwijaya (2011 207). Modul pembelajaran dapat dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |