Lestari, Putri (2017) Pengaruh minat belajar siswa dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada kelas X Program Keahlian APK di SMKN 2 Blitar) / Putri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari Putri. 2017. Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar (Studi pada Kelas X APK SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi. Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sopiah M.Pd M.M Kata kunci Minat Belajar Kebiasaan Belajar Hasil Sebagian siswa memiliki minat yang rendah pada kegiatan belajar. Siswa melakukan kegiatan lain di kelas dan berbicara dengan temannya ketika guru menjelaskan materi. Kebiasaan belajar siswa juga masih rendah. Dilihat dari kondisi di kelas maupun di lingkungan sekolah ada sebagian siswa yang masih kurang dapat berkonsentrasi di kelas pengumpulan tugas melebihi waktu yang ditentukan. Minat belajar dan kebiasaan belajar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui apakah minat belajar siswa dan kebiasaan belajar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan minat belajar dan membentuk kebiasaan belajar yang baik pada siswa. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kuantitatif. Populasi seluruh siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 2 Blitar dengan jumlah keseluruhan 109 . Sampel pada penelitian ini berjumlah 84 diambil menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner observasi dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam pnelitian ini adalah teknik analisis deskripstif dan regresi linier berganda. Penelitian kuantitatif ini dapat diketahui bahwa skor rata-rata jawaban responden dari 8 item pernyataan mengenai minat belajar adalah 2 72. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Blitar adalah cukup tinggi sedangkan variabel X2 yaitu 12 item pertanyaan diketahui bahwa skor rata-rata jawaban para responden dari 13 item pernyataan mengenai kebiasaan belajar sekolah adalah 2 68. Jadi dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar SMKN 2 Blitar adalah cukup baik. Adapun dari variabel hasil belajar diperoleh dari rata-rata nilai UTS pada siswa kelas X ADP semester Ganjil tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X administrasi Perkantoran SMKN 2 Blitar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Berdasarkan hasil penelitian minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar karena dengan memiliki minat belajar yang tinggi maka siswa akan memberikan perhatian yang lebih kepada suatu pelajaran. Pada penelitian ini kebiasaan belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hassil belajar siswa. Maka siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik seperti selalu membuat catatan membuat jadwal belajar di rumah berkonsentrasi pada saat melakukan kegiatan belajar di sekolah maupun di rumah mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu dapat mencapai hasil yang diinginkan. Sebagian siswa telah memiliki minat yang cukup tinggi dan kebiasaan belajar yang cukup baik dan sisanya masih memiliki minat belajar yang rendah dan kebiasaan belajar yang kurang baik sehingga diperoleh rata-rata minat belajar dan kebiasaan belajar siswa dalam kondisi yang cukup. Disarankan guru harus selalu mendorong siswa untuk belajar dan meningkatkan minat belajar siswa dengan melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik dan bervariatif serta membenatu siswa untuk membentuk kebiasaan belajar yang baik. Untuk siswa diharapkan dapat Siswa dapat menciptakan kebiasaan belajar yang baik dengan membuat semua kegiatannya terjadwal dengan cara mengatur waktu dengan baik mengulangi pelajaran yang sudah diajarkan mengerjakan tugas tepat waktu membuat catatan dan membaca buku dan berkonsentrasi ketika belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |