Pengaruh penambahan nanografit terhadap sifat mekanik filamen polylactic acid (pla) / Abyan Farras Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penambahan nanografit terhadap sifat mekanik filamen polylactic acid (pla) / Abyan Farras Putra

Putra, Abyan Farras Putra (2023) Pengaruh penambahan nanografit terhadap sifat mekanik filamen polylactic acid (pla) / Abyan Farras Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Plastik merupakan polimer yang memiliki rantai panjang dan mengikat satu atom dengan atom yang lain. Plastik juga memiliki beberapa sifat yaitu fleksibel kuat dan memiliki tahan kelembaman. Polylactic Acid (PLA) merupakan salah satu jenis plastik yang sering digunakan pada 3D printing. Metode Fused Deposition Modeling (FDM) merupakan teknik yang sering digunakan dari beberapa peneliti karena termasuk metode pencetakan yang relatif murah. Proses ekstrusi menyebabkan penurunan sifat mekanik dari PLA dikarenakan memiliki sifat higroskopis yang menyebabkan efek plastisisasi. Penambahan nanomaterial berbasis karbon menjadi salah satu yang paling populer untuk perbaikan sifat mekanik PLA yang menurun diakibatkan penurunan sifat mekanik oleh proses ektrusi. Nanografit digunakan oleh beberapa peneliti dikarenakan grafit memiliki struktur platelet yang mampu meningkatkan kompatibilitas sifat mekanik dan perilaku melting nanokomposit. Sifat tersebut mampu menurunkan geseran yang terjadi dalam proses ekstrusi. Pencampuran PLA dengan grafit membutuhkan bantuan pelarut untuk capaian homogenitas yang lebih baik. Klorofom salah satu pelarut yang cukup baik dan sering digunakan oleh beberapa peniliti dikarenakan memiliki harga yang cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan diklorometana dan HFP. Tahapan pencampuran PLA Nanografit dilakukan dengan melarutkan PLA pada kloroform lalu dicampurkan dengan variasi nanografit. Tujuan khusus dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan variasi nanografit terhadap sifat mekanik PLA. Pengaruh penambahan nanografit diidentifikasi menggunakan karakteriasi sifat mekanik meliputi kristalinitas melalui XRD Morfologi patahan melalui SEM dan kekuatan tarik melalui Uji Tarik filamen. Pengujian XRD menunjukkan penambahan nanografit menyebabkan adanya peningkatan nilai derajat kristalinitas mencapai nilai 10 5 %. Pengamatan morfologi patahan menunjukkan hilangnya patahan mulur setelah dilakukan variasi penambahan nanografit. Berdasarkan hasil pengujian kekuatan tarik filamen penambahan nanografit dapat meningkatkan modulus elastisitas hingga mencapai 104 63 MPa dan nilai kekuatan tarik mencapai 49 79 MPa. Berdasarkan seluruh pengujian dapat disimpulkan bahwa penambahan nanografit dapat meningkatkan karakteristik sifat mekanik yang dimiliki oleh PLA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292736

Actions (login required)

View Item View Item