Analisis kinerja dan emisi gas buang mesin diesel menggunakan bahan bakar biodiesel minyak jelantah dengan diethyl ether (dee) sebagai oxygenated additive / Andika Dwi Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja dan emisi gas buang mesin diesel menggunakan bahan bakar biodiesel minyak jelantah dengan diethyl ether (dee) sebagai oxygenated additive / Andika Dwi Putra

Putra, Andika Dwi Putra (2023) Analisis kinerja dan emisi gas buang mesin diesel menggunakan bahan bakar biodiesel minyak jelantah dengan diethyl ether (dee) sebagai oxygenated additive / Andika Dwi Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sektor transportasi merupakan penyumbang konsumsi energi dan emisi terbesar pada saat ini. Penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar mampu dijadikan sebagai pengganti bahan bakar fosil yaitu solar. Penambahan oxygenated additive mampu meningkatkan sifat bahan bakar pada biodiesel. Diethyl ether (DEE) merupakan salah satu oxygenated additive yang dapat meningkatkan sifat fisik dan kimia bahan bakar performa mesin dan juga mengurangi emisi mesin diesel. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental dengan pembuatan biodiesel menggunakan proses transesterifikasi. Bahan bakar dicampur hingga menghasilkan campuran terner biodiesel 70%-solar 30%-DEE (5% 10% 15%). Pengujian pada bahan bakar biodiesel dengan penambahan aditif oksigenasi bertujuan untuk menganalisis physicochemical properties performa dan emisi gas buang yang dihasilkan bahan bakar campuran ternari. Densitas viskositas dan low heating value (LHV) bahan bakar pada sampel B30 mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya konsentrasi aditif DEE. Nilai penurunan tertinggi dihasilkan bahan bakar B30DEE15 sebesar 4 8% pada densitas bahan bakar B30DEE15 sebesar 33% pada viskositas dan bahan bakar B30DEE15 sebesar 3 4% pada LHV. Nilai torsi dan brake power pada penggunaan bahan bakar B30 mengalami kenaikan setelah ditambahkan aditif DEE dengan kenaikan torsi tertinggi pada bahan bakar B30DEE15 sebesar 12 3% dan kenaikan brake power tertinggi bahan bakar B30DEE15 sebesar 12 9%. Nilai BSFC pada penggunaan bahan bakar B30 mengalami penurunan setelah ditambahkan aditif DEE. Penurunan tertinggi pada bahan bakar B30DEE10 sebesar 17 3% tetapi mengalami peningkatan pada B30DEE15 yaitu hanya turun sebesar 13 1%. Peningkatan nilai BTE tertinggi terdapat pada bahan bakar B30DEE10 sebesar 19 8%. Emisi gas buang pada bahan bakar B30 dengan aditif DEE juga mengalami penurunan smoke opacity tertinggi pada bahan bakar B30DEE15 yaitu sebesar 61%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292734

Actions (login required)

View Item View Item