Warestu, Ayu Warestu (2023) Analisis sifat tribologi pelumas sae 5w-30 dengan aditif nanomaterial al2o3, tio2, dan hybrid al2o3-tio2 pada gray cast iron fc25 / Ayu Warestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penggunaan mesin dalam bidang teknologi sangat beragam salah satunya yaitu pada mesin industri dan mesin transportasi. Contoh yang paling banyak digunakan dalam bidang transportasi adalah cylinder blok yang terdapat pada mesin kendaraan. Meningkatnya penggunaan mesin dalam bidang tersebut membuat kebutuhan akan pelumas juga meningkat. Penggunaan pelumas dapat mencegah dalam mengurangi keausan. Fungsi lain dari pelumas yaitu dapat mengurangi gesekan yang terjadi antara bidang yang saling bersentuhan selain itu dapat juga menghemat penggunaan bahan bakar. Perkembangan nanoteknologi telah membuat terobosan baru dalam evolusi teknologi karena memiliki sifat listrik sifat mekanik dan sifat fisiknya yang baik. Penambahan nanomaterial dengan pelumas yang secara efektif dapat meningkatkan sifat tribofilm dalam pelindung pada permukaan yang terkena gesekan. Penelitian ini menggunakan nanopartikel Al2O3 TiO2 dan hybrid Al2O3 TiO2 sebesar 0 05% kemudian nanolubricant pada penelitian disentesis dengan menggunakan pelumas SAE 5W-30. Tahapan dalam penelitian ini dimulai dengan melakukan karakterisasi SEM XRD dan FTIR terhadap nanopartikel Al2O3 TiO2. Sisntesis untuk nanolubricant dilakukan dengan proses stirring selama 20 menit dengan kecepatan yang digunakan 1250 rpm. Pengujian stabilitas nanolubricant dilakukan dengan menggunakan metode sedimentasi dan pengujian sifat termofisik yang meliputi massa jenis dan viskositas dinamik dilakukan agar dapat mengetahui pengaruh penggunaan nanopartikel terhadap pelumas SAE 5W-30. Berdasarkan dengan hasil pengujian didapatkan bahwa nanolubricant memiliki suspensi yang stabil dalam kurun 4 hari dan sifat termofisik nanolubricant meningkat hingga 802 kg/m3 pada nilai massa jenis dan 0 0579 Pa.s pada nilai viskositas dinamik sedangkan untuk pengujian keausan didapatkan nilai terkecil hingga 0 002 gram untuk nanolubricant hybrid SAE 5W-30 pada pengujian koefisien gesek didapatkan rata-rata gesekan terkecil sebesar 0 093 pada nanolubricant SAE 5W-30 TiO2 dan kekasaran permukaan didapatkan nilai sebesar 0 863 Ra pada nanolubricant Al2O3 memiliki nilai kekasaran terkecil dibandingkan dengan jenis lubricant lainnya. Foto makro dan hasil Morfologi SEM terhadap wear track pada gray cast iron FC25 didapatkan hasil yang paling halus dan tidak rentan terhadap goresan yaitu pada penggunaan pelumas hybrid nanolubricant SAE 5W-30.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/292726 |
Actions (login required)
View Item |