Studi metode dm-ap1, dm-ap2, dan hungarian pada masalah penugasan / Salsabila Fahira Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi metode dm-ap1, dm-ap2, dan hungarian pada masalah penugasan / Salsabila Fahira Rahmah

UNSPECIFIED (2023) Studi metode dm-ap1, dm-ap2, dan hungarian pada masalah penugasan / Salsabila Fahira Rahmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah penugasan (Assignment Problem) adalah salah satu masalah optimasi yang paling populer dengan tujuan utamanya adalah menemukan minimum total waktu untuk menugaskan objek (pekerjaan) ke objek (mesin) lain. Salah satu metode untuk menyelesaikan masalah penugasan adalah metode Hungarian. Metode Hungarian merupakan metode terdahulu yang popular dalam menyelesaikan masalah penugasan. Dengan menggunakan algoritma Hungarian akan diperoleh solusi minimum. Keuntungan dari penggunaan metode Hungarian adalah memiliki bentuk kompleksitas komputasi waktunya adalah polinomial. Metode lain dalam menyelesaikan masalah penugasan adalah metode The Dhouib Matrix Assignment Problem 1 (DM-AP1) dan The Dhouib Matrix Assignment Problem 2 (DM-AP2). DM-AP1 adalah metode kolom-baris baru yang digunakan untuk menghasilkan solusi layak dasar awal pada masalah penugasan yang mana dalam tahapannya sangat mudah dan cepat. Metode DM-AP2 yang terinspirasi dari Metode DM-AP1 merupakan metode heuristic konstruktif stokastik baru yang di terapkan pada masalah penugasan tidak seimbang (Unbalanced Assignment Problem) dimana jumlah pekerjaan lebih besar dibanding dengan jumlah mesin. Masalah ini benar adanya dalam dunia nyata sehingga setiap mesin dapat memproses setidaknya satu atau lebih dari satu pekerjaan. Pada penelitian ini diselesaikan dengan cara menerapkan DM-AP 1 dan DM-AP 2 pada masalah penugasan seimbang dan tidak seimbang kemudian dilakukan perbandingan ke Metode Hungarian lalu dilakukan analisa. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukan kelebihan dari metode DM-AP 2 yaitu cepat dan mudah digunakan pada masalah penugasan seimbang dan tidak seimbang dari pada metode DM-AP1 dan Hungarian karena terdapat perbaikan cara perhitungan dalam mengkontruksi proses untuk menentukan jumlah total waktu pada baris dan kolom dan memiliki kompleksitas komputasi yang berbeda dari Hungarian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:29
Last Modified: 18 Dec 2023 07:43
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292175

Actions (login required)

View Item View Item