Pengembangan film pendek berjudul remedi sebagai upaya preventif aksi bunuh diri / Bella Nur Famelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan film pendek berjudul remedi sebagai upaya preventif aksi bunuh diri / Bella Nur Famelia

Famelia, Bella Nur Famelia (2023) Pengembangan film pendek berjudul remedi sebagai upaya preventif aksi bunuh diri / Bella Nur Famelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bunuh diri merupakan salah satu fenomena sosial yang mengkhawatirkan di masyarakat. Dalam hal ini film pendek merupakan media alternatif yang dapat digunakan untuk menyikapi fenomena tersebut melalui pesan yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu dilakukan penelitian pengembangan berupa penciptaan film pendek berjudul Remedi sebagai upaya preventif aksi bunuh diri. Film pendek Remedi menceritakan tentang perjalanan menuju ldquo sembuh rdquo atau berdamainya seseorang atas berbagai masalah yang pernah membuatnya ingin melakukan tindakan bunuh diri. Adapun pengembangan berfokus pada model 4D Thiagarajan antara lain 1) define melalui studi literatur pengamatan dan penggalian pengalaman 2) design berfokus pada proses pembuatan film pendek yaitu praproduksi produksi dan pascaproduksi 3) development dilakukan melalui expert appraisal (penilaian ahli) yakni akademisi dan praktisi serta 4) dissemination melalui promosi dan merchandizing. Hasil penelitian menyatakan bahwa film pendek Remedi diinterpretasikan ldquo Baik rdquo dengan keterangan ldquo Tanpa Revisi rdquo sehingga dinyatakan layak untuk ditayangkan dan disebarluaskan. Selain itu validator juga menilai bahwa film pendek Remedi dapat dijadikan sebagai salah satu upaya preventif aksi bunuh diri. Film pendek bergenre drama yang berdurasi 25 menit 3 detik ini diharapkan dapat menyampaikan pesan mengenai kesehatan mental untuk mengurangi stigma diskriminasi dan kasus baru bunuh diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291989

Actions (login required)

View Item View Item