Wardana, Fiki Maula (2023) Simulasi pengaruh perubahan sudut dan jenis inlet terhadap tekanan dan kecepatan keluaran pada injektor hybrid rocket engine dengan metode computational fluid dynamics / Fiki Maula Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan roket di Indonesia masih sangat tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Jenis roket yang dikembangkan di Indonesia masih berfokus pada roket padat dan roket fuida. Hybrid Rocket Engine (HRE) merupakan roket dengan perpaduan propelan padat dan fluida yang memiliki potensi besar sebagai sistem propulsi roket di masa depan. Penelitian mengenai HRE ini masih terbilang asing di Indonesia oleh karena itu penelitian ini dilakukan sebagai jawaban atas alternatif perkembangan roket HRE di Indonesia. Penelitian HRE ini masih terus dikembangkan di luar negeri. Salah satu komponen HRE yang masih dikembangkan adalah injektor. Banyak hal yang dapat mempengaruhi performa dari kinerja injektor pada HRE. Turunnya performansi injektor dan ketidakstabilan dalam beroprasi dapat berpengaruh terhadap kinerja HRE secara keseluruhan. Jenis fluida yang digunakan serta bentuk geometri injektor berperan penting untuk mempengaruhi kinerja injektor yang dihasilkan. Penelitian ini penting dilakukan untuk mendukung dalam peningkatan kinerja injektor menggunakan pendekatan numerical. Simulasi dilakukan menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan menggunakan model turbulensi k-epsilon. Jenis fluida yang digunakan dalam proses simulasi yaitu gaseous oxygen (GOx) Bentuk geometri yang divariasikan dalam penelitian ini yaitu bentuk geometri inlet yang hanya berbentuk satu lubang inlet dan bentuk geometri inlet yang berupa 8 lubang kecil dengan satu lubang terpusat yang sedikit lebih besar. Bentuk geometri lain yang divariasikan dalam penelitian ini yaitu besarnya sudut pada aliran inlet menuju aliran outlet pada injektor mesin roket hibrida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan atau perbandingan nilai output tekanan dan kecepatan fluida yang dipengaruhi oleh perbedaan geometri yang diterapkan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa variasi jenis inlet dan sudut memiliki pengaruh signifikan terhadap tekanan dan kecepatan keluaran pada injektor HRE. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa variasi jenis inlet plate orifice dengan sudut 75 deg memberikan hasil tekanan keluaran tertinggi sebesar 2704 501 Pa sedangkan variasi jenis inlet plate orifice dengan sudut 30 deg memberikan hasil tekanan keluaran terendah sebesar 601 296 Pa. Pada variasi jenis inlet plate orifice dengan sudut 60 deg didapatkan hasil kecepatan keluaran tertinggi sebesar 115 102 m/s. Sementara itu pada variasi jenis inlet aksial dengan sudut 30 deg hasil kecepatan keluaran injektor HRE terendah adalah sebesar 93 731 m/s.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 07:26 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/291702 |
Actions (login required)
View Item |