Pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi (studi pada siswa kelas XII APK SMK Negeri 1 Turen tahun ajaran 2016/2017) / Wardhatul Jhanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi (studi pada siswa kelas XII APK SMK Negeri 1 Turen tahun ajaran 2016/2017) / Wardhatul Jhanah

Jhanah, Wardhatul (2017) Pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi (studi pada siswa kelas XII APK SMK Negeri 1 Turen tahun ajaran 2016/2017) / Wardhatul Jhanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jhanah Wardhatul. 2016. PengaruhMotivasiBelajardan Status SosialEkonomi Orang TuaterhadapMinatMelanjutkanStudikePerguruanTinggi(StudiPadaSiswaKelas XII APK SMK Negeri 1 TurenTahunAjaran2016/2017).Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I NyomanSuputra M.Si (II) Elfia Nora S.E. M.Si Kata Kunci motivasibelajar status sosialekonomi orang tua minatmelanjutkanstudikeperguruantinggi. Di era globalisasisepertisekarangini setiap orang dituntutuntukselalumengembangkandiriterutamadalamhalpenguasaanpengetahuandanberbagaikompetensi yang menujupadaprofesionalitas. Salah satucara yang paling tepatdalammeningkatkanpengetahuandanberbagaikompetensiadalahmelaluipendidikan. Di dalamprofesionalitasduniakerja jenjangpendidikanmenjadisalahsatufaktorpengukur.Pendidikantinggimemberikontribusidalammenciptakansumberdayamanusia yang mampubersaing di era globalisasiini.Pendidikantinggidiselenggarakanuntukmencetaksumberdayamanusia yang bisaterjunkemasyarakat.Pendidikantinggimembekalimahasiswadengankemampuanakademikdanprofesionalitas.Faktor-faktor yang mempengaruhiminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggimeliputimotivasibelajardan status sosialekonomi orang tua. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui (1) Motivasibelajar status sosialekonomi orang tuasiswa danminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi. (2) Pengaruhmotivasibelajarsecaraparsialterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi. (3) Pengaruh status sosialekonomi orang tuaterhadapminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif.Variabelbebaspenelitianiniadalahmotivasibelajar (X1) dan status sosialekonomi orang tua (X2) sedangkanvariabelterikatpenelitianiniadalahminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi (Y).Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelas XII APK SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 100 siswa.Sampelmenggunakanteknikproportionate random sampling. Skala yang digunakanadalahskalaLikertdenganempatskalaukurdimulaidariopsisangatsetuju setuju tidaksetuju dansangattidaksetuju.Jenisdatanyaadalah data interval.Teknikpengumpulan data menggunakanangket/kuisioner dokumendanwawancara.Dalampenelitianiniangketdibagikankepadaseluruhpopulasipadatanggal 15 agustus 2016.Dokumentasi di dalampenelitianiniadalahdaftarabsensisiswauntukmengetahuijumlahsiswa.Untukujikelayakandigunakanujivaliditasdanreliabilitas yang diolahmelalui program IBM SPSS 16 for windows.Penelitianinimenggunakanbeberapa model asumsiklasik yaitu (1) Ujinormalitas (2) Ujimultikolinieritas dan (3) Ujiheteroskedastisitas. Hasilujiasumsiklasikmenunjukkanbahwa (1) model regresimemenuhiasumsinormalitasterlihatdarititik-titikmenyebar di sekitargaris diagonal padagambarNormal P-Plot of Regression Standardized Residual. (2) Model regresitidakterjadimultikolinieritasditunjukkandengannilaiVIF 0 10. (3) Model regresitidakheteroskedastisitasterlihatpadagambarscatterplot tidakmembentuksuatupolatertentudanmenyebaracak. Jadi modelregresilayakuntukdigunakan. HasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwaMotivasibelajarsiswatinggi Status sosialekonomi orang tuasiswarendah danminatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggiadalahtinggi.Berdasarkanhasilujihipotesismenunjukkanbahwa (1) Motivasibelajarberpengaruhpositifsecarasignifikanterhadapminatsiswakelas XII APK SMK Negeri 1 Turenuntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi. (2) Status sosialekonomi orang tuaberpengaruhpositifsecarasignifikanterhadapminatsiswakelas XII APK SMK Negeri 1 Turenuntukmelanjutkanstudikeperguruantinggi. Berdasarkanhasilpenelitianini penelitimenyarankan (1) Bagipihaksekolahhendaknya memberi arahan yang baik bagi siswanya agar siswa dapat menetukan arah yang baik setelah mereka lulus dari SMK. Sekolah harus lebih memberikan gambaran yang luas tentang perguruan tinggi. (2) Bagi Orang tua dari golongan status sosial ekonomi yang rendah diharapkan tetap memberikan dukungan kepada anaknya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan cara mencari in formasi tentang beasiswa untuk memasuki perguruan tinggi. (3) Bagi siswa dengan motivasi belajar yang tinggi yang telah dimiliki oleh siswa hendaknya digunakan sebagai bahan pertimbangan siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (4) Bagi Peneliti selanjutnya penelitian ini memberikan informasi mengenai beberapa faktor yang dapat memengaruhi minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi yaitu motivasi belaajr dan statsu sosial ekonomi orang tua. Namun tidak hanya kedua faktor tersebut yang dapat mempengaruhi minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi tetapi masih banyak faktor lain antara lain faktor ekpektasi masa depan yang dapat peneliti lain paparkan sesuai dengan temuan peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29132

Actions (login required)

View Item View Item