Pengembangan media pembelajaran e-learning menggunakan moodle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar melakukan prosedur pengadaan peralatan kantor (studi pada siswa kelas XI AP di SMKN 2 Blitar tahun pelajaran 2015/2016) / Indah Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-learning menggunakan moodle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar melakukan prosedur pengadaan peralatan kantor (studi pada siswa kelas XI AP di SMKN 2 Blitar tahun pelajaran 2015/2016) / Indah Amalia

Amalia, Indah (2016) Pengembangan media pembelajaran e-learning menggunakan moodle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar melakukan prosedur pengadaan peralatan kantor (studi pada siswa kelas XI AP di SMKN 2 Blitar tahun pelajaran 2015/2016) / Indah Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Indah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Menggunakan Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Melakukan Prosedur Pengadaan Peralatan Kantor (Studi pada Siswa Kelas XI AP di SMKN 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M (2) Drs. H. Moh. Arief M.Si. Kata Kunci e-learning media pembelajaran hasil belajar Perkembangan pesat di bidang teknologi khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang termasuk pula dalam bidang pendidikan. Dalam hal ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan cara melakukan pengembangan media pembelajaran. penggunaan media pembelajaran dapat membuat hasil belajar siswa meningkat baik di luar maupun di dalam karena siswa dapat belajar secara mandiri untuk memahami materi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran media pembelajaran e-learning menggunakan moodle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Media pembelajaran e-learning adalah alat bantu pembelajaran yang mengacu pada semua kegiatan-kegiatan pendidikan melalui internet. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg Gall dengan modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan menjadi tujuh tahapan. Sumber data diperoleh dari pengisian angket validasi ahli dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas administrasi perkantoran yaitu XI AP 3 dan XI AP 4. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yaitu teknik analisis dan persentase. Bedasarkan hasil validasi dua ahli materi mencapai 84% yang menyatakan media pembelajaran valid/dapat digunakan. Untuk hasil validasi ahli media mencapai 84% yang menyatakan valid/dapat digunakan. Hasil uji coba dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui hasil belajar siswa didapatkan rata-rata 86 pada kelas eksperimen dan 77 pada kelas kontrol. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol peneliti menggunakan ujit-test independent sample dengan signifikansi sebesar 0 00 0 05 dengan t hitung 3 150 t tabel 2 000 maka H0 ditolak dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk media pembelajaran e-learning menggunakan Moodle berupa website untuk materi Mata Pelajaran Peralatan Kantor pada Kompetensi Dasar Melakukan Prosedur Pengadaan Peralatan Kantor (2)adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan ujit-test independent sample dengan hasil nilai thitung ttabel (3 150 2 000) dengan signifikasi Pr

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29124

Actions (login required)

View Item View Item